Megawati Puji China, Paling Awal Beri Bantuan untuk RI Saat Pandemi Covid-19

Megawati Puji China, Paling Awal Beri Bantuan untuk RI Saat Pandemi Covid-19

author photo

 

Megawati Puji China, Paling Awal Beri Bantuan untuk RI Saat Pandemi Covid-19


Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, memuji China sebagai salah satu negara yang aktif memberikan bantuan untuk Indonesia saat pandemi Covid-19. 


Menurut Megawati, di saat negara lain sibuk dengan urusan masing-masing, China telah membantu paling awal soal Covid-19. 


"Saat awal pandemi, di mana masing-masing negara sibuk dengan persoalan dalam negeri, Tiongkok (China) terlebih dahulu memberi bantuan yang konstruktif," kata Megawati saat menyampaikan pidato dalam Understanding China Conference 2020, dikutip dari keterangan pers, Selasa (24/11/2020).   


Megawati memandang hubungan Indonesia dan China bagai pertemuan yang sudah ditakdirkan.  


Ia mengatakan, Indonesia dan China merupakan negara yang sama-sama pernah dijajah negara lain dan saat ini terus bangkit. 


"Indonesia dan Tiongkok adalah dua negara yang telah dipertemukan oleh takdir yang sama. Sebagai negara pernah terjajah yang berjuang dengan upaya sendiri untuk lepas dari penajajahan," ucapnya. 


Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu pun mengapresiasi respons cepat Pemerintah China dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.  


Ia menyebut kekuatan yang dimiliki China tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri, tetapi juga menguntungkan negara lain lewat berbagai kerja sama.  


Megawati berharap China dapat terus menjalin diplomasi damai dengan berbagai negara. 


"Kekuatan Tiongkok di kancah global sejak zaman kerajaan mengedepankan kerja sama saling menguntungkan dan menghormati satu sama lain," ujar Megawati.  

Next article Next Post
Previous article Previous Post