Marak Jual Beli Surat Keterangan Sehat Palsu Biar Bisa Mudik, Harganya 250 Ribu

Marak Jual Beli Surat Keterangan Sehat Palsu Biar Bisa Mudik, Harganya 250 Ribu

Marak Jual Beli Surat Keterangan Sehat Palsu Biar Bisa Mudik, Harganya 250 Ribu


Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, mengumumkan untuk mengizinkan transportasi umum kembali beroperasi.

Pengumuman tersebut sempat bikin geger, lantaran dilakukan ketika sedang menggalakkan larangan mudik di Indonesia, sejak 24 April sampai 31 Mei 2020 bertujuan agar mencegah penularan virus corona

Artinya pemerintah mengawal ketat agar warganya tidak pulang ke kampung, atau berpergian ke luar kota.

Namun aturan itu seperti angin berlalu sejak Kementerian Perhubungan membolehkan semua moda transportasi umum beroperasi.

Transportasi umum itu mencakup darat, laut dan udara. Di darat bus antar kota antar provinsi alias AKAP, mendapat izin beroperasi kembali di tengah larangan mudik Lebaran tahun ini.

Namun meski demikian Kemenhub juga tetap memperhatikan surat edaran yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengenai Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan covid-19.

Dari beberapa kriteria orang yang boleh melakukan perjalanan, para penumpang harus dapat menunjukkan surat keterangan sehat, dengan adanya surat keterangan sehat tersebut maka penumpang bisa melakukan perjalanan, dengan menggunakan transportasi umum.

Namun sayangnya ada oknum yang memanfaatkan situasi dengan menjual surat keterangan sehat palsu, kepada para calon penumpang agar bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum.

Seperti unggahan akun Twitter blogdokter, sebuah postingan yang memperlihatkan surat keterangan sehat diperjualbelikan demi memuluskan langkah untuk bisa mudik ke kampung halaman.


"Jual beli surat keterangan sehat palsu terjadi di pelabuhan Gilimanuk, Bali. Hal serupa tidak menutup kemungkinan terjadi di tempat lain. Kalau sudah begini, kapan pandemi mau cepat berakhir?" cuit akun blogdokter.

Uniknya, foto yang diunggah oleh akun Twitter blogdokter tersebut, merupakan hasil postingan akun Facebook Wendi Galau, dalam unggahan foto akun tersebut memberikan caption "Pelabuhan semakinkeras lurrr ...udah tau musim kering beli surat jalan digilimanuk harganya melambung 250 lurrr waspada ya yg mau mudik minta surat kesehatan. salam 1 aspal,"
Next article Next Post
Previous article Previous Post