Ini Maksudnya 'Mudik Digital' Ala Presiden Jokowi

Ini Maksudnya 'Mudik Digital' Ala Presiden Jokowi

Ini Maksudnya 'Mudik Digital' Ala Presiden Jokowi


Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Jalan tengahnya pilih mudik digital saja.

Imbauan tersebut kali ini disampaikan melalui unggahan di berbagai akun media sosial milik kepala negara seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram, seperti dilansir CNBC Indonesia, Senin (11/5/2020).

"Hari ini pada tahun-tahun yang lampau, biasanya kita sedang menanti-nanti saat untuk mudik lebaran ke kampung halaman untuk bertemu orang tua, kerabat, dan handai taulan," tulis Jokowi.

Namun, Jokowi mengakui bahwa tahun ini situasinya berbeda. Pasalnya, seluruh dunia saat ini tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Maka dari itu, cara paling bijaksana adalah tidak melakukan perjalanan mudik untuk melindungi keluarga di kampung halaman.

"Dengan bersabar dan menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini," katanya.

Bersamaan dengan tulisan tersebut, Jokowi mengunggah sebuah video berdurasi 4 menit 36 detik yang menjelaskan bagaimana mudik bisa menjadi salah satu medium penyebaran wabah Covid-19.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa para pemudik sangat berisiko terpapar virus Covid-19 dan membawa penyakit tersebut ke kampung halaman. Sebuah desa, yang mulanya tidak terjangkit mungkin saja bisa terpapar Covid-19.

Menariknya, video tersebut merekomendasikan para perantau untuk melakukan mudik digital ketimbang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Lantas, apa yang dimaksud dengan mudik digital?

Mudik digital merupakan aktivitas silaturahmi yang dilakukan melalui panggilan video bersama (video call) keluarga. Kegiatan ini diharapkan memutus mata rantai penularan wabah Covid-19 ke sejumlah daerah.

Sejatinya, video call sebenarnya bukan fitur baru di aplikasi perpesanan WhatsApp. Namun dalam pembaruan terbaru WhatsApp kini bisa dilakukan dengan 8 peserta dalam satu panggilan.

Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp Android versi 2.20.141 dan iPhone 2.20.50.

Cara menggunakan fitur WhatsApp video Call 8 orang ini sebenarnya sangat mudah. Pengguna tinggal pilih opsi video ketika ingin menelepon orang yang ingin dihubungi.

Ketika video telah terhubung bisa menambah peserta dengan menekan ikon '+' yang ada di kanan atas dan tambahkan peserta hingga 8 orang dalam satu obrolan.

Selain panggilan video, WhatsApp juga menyediakan fitur telepon hingga delapan orang sekaligus. Fitur baru ini tersedia untuk WhatsApp versi 2.20.141 bagi pengguna ponsel Android dengan sistem operasi 4.0.3 ke atas.
Next article Next Post
Previous article Previous Post