Sombong Di Tanah Suci, Kyai Ini Jadi Linglung Dan Lupa Jalan Pulang Ke Hotel

Sombong Di Tanah Suci, Kyai Ini Jadi Linglung Dan Lupa Jalan Pulang Ke Hotel

author photo
Banyak orang mengatakan, Haji itu laksana akhirat kecil dimana seseorang yang melakukan dosa akan langsung mendapat balasannya.

Bila seseorang tiba dari Haji saya sangat senang mendapat oleh oleh cerita mengenai kejadian yang dialaminya, karena disitu terdapat pelajaran dan sebagai cerminan adanya kekurangan diri yang inshaallah dapat segera diperbaiiki sepulangnya orang itu dari haji.

Sombong Di Tanah Suci, Kyai Ini Jadi Linglung Dan Lupa Jalan Pulang Ke Hotel
Foto: Jamaah haji sedang shalat di halaman masjid Nabawi Madinah


Berikut ini terdapat seri kisah orang berhaji karena kesalahan tidak menjaga lisan atau asal bicara dan berlaku sombong kala di tanah suci sebagai berikut :

Seorang kyai sepuh sedang berhaji bersama istrinya. Selesai salat di mesjid Nabawi, sang istri ingin segera pulang ke hotel karena ada keperluan. Mengingat sang suami sudah tua, sang istripun bertanya kepada suaminya itu : "Apakah bapak hafal jalan pulang ?"

Suaminya menjawab : "Masa tidak hafal, dari masjid saja hotel sudah kelihatan kok, seperti anak kecil saja."

Lalu apa yang terjadi?

Keluar dari masjid mata dan akal pak Kyai menjadi gelap dan linglung, tidak mampu menemukan jalan pulang, padahal letak hotel sangat dekat. Sang Istri gelisah di hotel dan kyai sepuh sudah kecapaian karena harus berputar putar dari ashar, sementara hari sudah mulai menjelang maghrib.

Untunglah pak Kyai segera insyaf. Dia istighfar, masuk masjid lagi, lalu shalat tobat. Dia keluar dari pintu yang sama. Maka hotelpun kelihatan dengan jelas, jalan dapat diingat dengan jelas dan atas izin Allah sampai ke hotel, bertemu dengan istrinya yang sangat mencemasi dia

Wallahu A'lam
Next article Next Post
Previous article Previous Post