Doa Perjalanan Ke Mekkah Bagi Jamaah Haji Dan Umrah

Doa Perjalanan Ke Mekkah Bagi Jamaah Haji Dan Umrah

author photo
KabarMakkah.Com - Alhamdulillah kita sudah mendekati musim haji, banyak jamaah haji yang sedang mencari tentang doa perjalanan ke Mekkah, doa masuk kota Mekkah dan doa sebelum masuk masjidil haram.

Oleh karena itu artikel kali ini kami akan memberikan tentang berbagai do'a do'a yang mungkin diperlukan baik oleh jamaah haji maupun umrah.

Jamaah Haji Indonesia
Jamaah Haji Indonesia Sedang Bergerak Menuju Pesawat


Do'a Waktu Kendaraan Mulai Bergerak:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ . اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، سبحان الذى سخر لنا هذا وما كنا له مقرنين، وإنا إلى ربنا لمنقلبون، اللهم إنا نسألك فى سفرنا هذا البر والتقوى ومن العمل ما ترضى، اللهم هون علينا سفرنا هذا واطو عنا بعده، اللهم أنت الصاحب فى السفر والخليفة فى الأهل، اللهم إنا نعوذبك من وعثاء السفر وكأبة المنظر وسوء المنقلب فى المال والأهل والولد

Bismillahi r-rahmaani r-rahiim, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Allahu Akbar. Subhaana l-ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun. Allahumma inaa nas'aluka fii safarinaa hadzaa l-birra wat-taqwaa wa minal-'amali maa tardhaa. Allahumma hawwin 'alainaa safaranaa haadzaa wathwi 'annaa bu'dahu. Allahumma antash-shohibu fis-safari, wal-kholiifatu fil-ahli. Allhumma innaa na'uudzu bika min wa'tsaais-safari, wa ka-aabatil-manzhari, wa suu-il-munqolabi fil-maali wal-ahli wal-waladi.

Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesuungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah, kami memohon kepadaMu dalam perjalanan ini kebaikan dan taqwa, serta amal perbuatan yang Kau ridhai. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami dan dekatkan jauhnya. Ya Allah, Engkaulah yang menyertai perjalanan kami dan pelindung keluarga yang ditinggalkan. Ya Allah, kami berlindung kepadaMu dari kesukaran dalam perjalanan, penampilan yang buruk, dan akibat yang buruk dalam harta benda, keluarga dan anak".

Do'a Ketika Sampai di Tempat Tujuan:

اللهم إنى أسألك خيرها وخير أهلها وخيرما فيها وأعوذبك من شرها وشر أهلها وشرما فيها

Allahumma inni as'aluka khairahaa wa khaira ahlihaa wa khaira maa fiihaa, wa a'uudzu bika min syarriha wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: "Ya Allah, saya mohon padaMu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada didalamnya. Dan saya berlindung padaMu dari kejahatan negeri ini, kejahatan penduduknya dan kejahatan yang ada di dalamnya.

Doa Ketika Masuk Kota Mekkah (Diucapkan sebelum melintasi tan'im / Masjid Aisyah)


اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَآئِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ



Allahumma haadza haramuka wa amnuka faharrimlahmi wadamii wabasyarii ‘alannar, wa aminnii min ‘adzabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaa ika wa ahli thoo’atik.

Artinya: Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksaMu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan auliaMu dan ahli ta’at pada Mu.


Doa Sebelum Masuk Pintu Masjidil Haram:

اللهم أنت السلام ومنك السلام فحينا ربنا بالسلام وأدخلنا الجنة دار السلام تباركت ربنا وتعاليت يا ذا الجلال والإكرام. اللهم افتح لي أبواب رحمتك ومغفرتك وأدخلني فيها. بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله

Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaah.

Artinya: Ya Allah Engkau sumber keselamatan, dan daripadaMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negeriMu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukanlah aku ke dalam ampunanMu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah salawat dan salam untuk Rasulullah.


Doa Waktu Pertama Kali Melihat Ka'bah:

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَّفَّهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا تَكْرِيْمًا وَبِرًّا

Allahumma zid haadzal baita tasyriifan wata’dziiman watakriiman wamahaabatan wazid man syarroffahu wa karramahu mimman hajjahu awi’tamarahu tasyriifan wata’dzhiiman watakriiman wabirran.

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan.

Demikianlah beberapa doa yang sebaiknya diperhatikan oleh jamaah haji dan umrah, Semoga amal ibadah anda, baik haji maupun umrah dan amal amal baik lainnya semasa di tanah suci diterima oleh Allah SWT, Amiin Ya Rabbal Alamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post