Demi Bantu Ekonomi Orangtua, Bocah Berseragam Pramuka Ini Jualan Hingga Terlelap



Sebuah foto menjadi viral di dunia maya lantaran dalam foto tersebut nampak seorang bocah yang masih mengenakan seragam pramuka terlelap tidur di sela-sela ia berjualan. Diketahui bahwa bocah tersebut bernama Abil dan ia biasa berjualan di sekitar Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Rancho di Jalan Nangka No 58C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan.

Demi Bantu Ekonomi Orangtua, Bocah Berseragam Pramuka Ini Jualan Hingga Terlelap

Tak hanya menjajakan makanan ringan, Abil juga sesekali menjadi ojek payung saat musim hujan. Terlihat dalam foto bagaimana raut kelelahan terpancar di wajahnya. Padahal anak seusianya belum berkewajiban untuk mencari nafkah.

Beberapa jenis jualan yang ia dagangkan antara lain tisu dan makanan ringan. Sontak unggahan dari akun Lambe Turah itu pun mengundang simpatik dari banyak orang.

Salah satu netizen yang juga pegiat sosial bernama Roel Mustafa pun ikut berusaha mencari keberadaan Abil. Diketahui bahwa Abil sudah berjualan setahunan ini dan ia lakukan selepas sekolah yakni sekitar pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Adapun keuntungannya ia gunakan untuk membayar keperluan sekolah dan membantu orangtua.

Melalui akun Facebooknya, Roel kemudian menceritakan pertemuannya dengan Abil beserta keluarga. Sang ayah ternyata merupakan pedagang cilor (aci pakai telor) dan kadang berjualan seblak dengan penghasilan paling besar 50 ribu perhari.

Kesulitan ekonomi dan tunggakan bayaran sekolah membuat 2 kakak Abil terpaksa putus sekolah. Ketika mendatangi rumahnya, ternyata keluarga Abil belum makan dikarenakan tidak memiliki uang. Alhasil Roel dan rekan-rekannya pun pergi membeli makanan.


Diungkapkan oleh pihak keluarga bahwa mereka baru menetap di kontrakan tersebut selama 3 bulan belakangan dan sudah dari awal menunggak uang kontrakan. Disebutkan bahwa jika minggu depan belum bayar kontrakan, mereka pun akan diusir.

Roel dan relawan SR pun mencoba mencari jalan keluar agar Abil bisa tetap sekolah dan ekonomi keluarganya bisa lebih baik. Tak lupa ia pun mencantumkan nomor kontak jika ada netizen yang ingin berbagi meringankan beban Abil.

Baca Juga:





loading...