Waspadalah Dengan Islam Palsu Buatan Kristen Advent! Ini Ciri-Cirinya

Diposting pada

Saat ini banyak pihak yang berusaha untuk memecah belah sekaligus meyesatkan umat Islam. Sebagian besar dari pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut seringkali menambahkan kata tertentu seperti Islam Liberal, Islam Murni dan Islam Hanif.

Salah satu yang terungkap di daerah Bandung adalah Islam Hanif yang merupakan upaya untuk memurtadkan umat Islam. Gerakan kristenisasi tersebut digagas oleh Robert Walean dan digerakkan oleh orang-orang dari Gereja Advent Hari Ketujuh.

Waspadalah Dengan Islam Palsu Buatan Kristen Advent! Ini Ciri-Cirinya

Robet Walean sendiri merupakan pria asal Minahasa yang kini berada di Koja Tanjung Priok Jakarta Utara. Pria berusia 70 tahun tersebut hendak melakukan penginjilan dengan menyamarkan lewat ayat-ayat Qur’an.

Para pembaca buku yang ditulis oleh Walean tersebut pertama-tama akan digiring untuk berusaha meyakini tulisannya bersumber dari Al Qur’an. Setelah itu pembaca akan digiring untuk menjadi pengikut islam Hanif.

“Islam Hanif bukan ajaran Kristen. Islam Hanif adalah ajaran yang ada dalam Al-Qur’an” (hlm. 5 buku Alkitab Menubuatkan Islam Hanif Akan Masuk Surga).

Sementara dalam halaman 10 tertulis, “Tujuan pekabaran bukan untuk mengkristenkan, tapi untuk membawa orang agar diselamatkan di akhirat nanti. Baiklah umat Islam tetap menjadi Islam, tapi harus menjadi Islam Hanif” (hlm. 10).

Setelah umat Islam yang awam merasa yakin dengan tipuan buku tersebut, mereka akan memasukkan doktrin Kristen Advent.

“Ajaran Islam Hanif berpatokan pada Kitab Al-Qur’an dan Kitab-kitab sebelumnya. Ayat utama ajaran Islam Hanif adalah pada Al-Qur’an surat An-Nahl 123: “Kemudian Kami wahyukan kepadamu Muhammad: “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif.”

Jadi, agama Islam yang benar adalah agama Nabi Ibrahim yang hanif… Cara ibadahnya tertulis pada ayat 124 surat yang sama (An-Nahl): “Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.” (hlm. 14-15).

Dalam kitab atau buku tersebut, Walean berusaha mengacaukan pikiran umat Islam dengan istilah Islam Hanif. Padahal ayat Al Qur’an surat An Nahl tersebut tidak menyebut Islam Hanif, melainkan menunjukkan sifat pada diri Nabi Ibrahim yakni ‘Ibrahim seorang yang Hanif’ yang artinya memiliki ketulusan dan keikhlasan dalam beribadah kepada Allah.

Selain itu jika ingin mengikuti agama Ibrahim, maka tidak perlu ada embel-embel Islam Hanif ataupun Kristen Advent.


“Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam” (Qs. Al-Baqarah 132).

Adapun ciri-ciri lain dari Islam Hanif tersebut yaitu:

1. Doktrin Keselamatan Melalui Penebusan Dosa

Disebutkan dalam buku tersebut bahwa konsep keselamatan melalui penebusan adalah bukti bahwa Allah Maha Rohman dan Rohiim.

2. Doktrin Kematian Yesus Untuk Penebusan Dosa

Dalam buku tersebut pula tertulis bahwa Isa Al masih merupakan juru selamat karena mau menebus dosa umat manusia.

3. Doktrin Kristen Advent Sebagai Jemaat Yang Benar

Tersebut pula bahwa satu-satunya kebenaran adalah gereja jemaat advent.

Baca Juga:

Karena itu sudah sepatutnya umat muslim waspada terhadap berbagai cara licik pihak yang hendak memecah belah dan menyesatkan umat Islam. Wallahu A’lam

Loading...