Sindir Para Perokok, Pria Ini Punguti Puntung Rokok Demi Jaga Kebersihan Di Sepanjang Malioboro



Sebuah ungkapan dalam Islam menyatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Meski bukan kutipan hadist, namun sesungguhnya Islam memang mencintai kebersihan. Terbukti dengan ajaran Rasulullah untuk berpakaian yang bersih dan rapi serta senantiasa menjaga kebersihan sekitarnya, terutama saat hendak beribadah.

Memang menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab pribadi masing-masing. Hanya saja perlu adanya tindakan untuk menyadarkan orang lain agar senantiasa memperhatikan kebersihan juga. Dengan kata lain kita diharuskan saling menasehati dalam kebaikan.

Sindir Para Perokok, Pria Ini Punguti Puntung Rokok Demi Jaga Kebersihan Di Sepanjang Malioboro

Hal ini pula yang dilakukan oleh seorang pria asal Jogja bernama Bekti Maulana. Demi menyadarkan para perokok sekaligus sebagai bahan sindiran dalam menjaga kebersihan, Bekti melakukan aksi memungut puntung rokok di sepanjang Jalan Malioboro Jogja. Melalui akun Facebooknya, Bekti kemudian mengunggahnya pada hari Minggu (25/12/2016) dengan harapan bisa membuat para perokok merubah kebiasaan membuang puntung rokok sembarangan.

“Semalam cuma di Malioboro mungutin puntung rokok. Saya memungut puntung rokok bukan karena saya benci perokok. Saya pernah merokok, ayah saya merokok, om saya, pakde saya, simbah saya, dan teman-teman saya juga merokok. Saya hanya benci kebiasaan beberapa perokok yang merokoknya sembarangan dan membuang puntung rokok juga sembarangan, huh!” tulis akun Bekti Maulana.

Bekti yang saat melakukan aksinya mengenakan blangkon tersebut menjelaskan bahwa tidak semua perokok memiliki kebiasaan buruk seperti membuang puntung sembarangan. Yang jelas ia berharap agar para perokok bisa lebih terhormat dengan merokok dan membuang puntung di tempatnya.

“Jadilah perokok terhormat dengan merokok dan membuang puntung rokok tidak di sembarang tempat,” tambah akun Bekti Maulana.

Apa yang diunggah oleh Bekti pun menuai beragam reaksi positif dan bahkan ada yang ingin ikut membantu jika ada aksi lanjutan.

“Dek Bekti salut banget sama kamu, kapan dek diagendakan untuk aksi lagi, biar tambah rame kita ajak teman-teman yang benar-benar peduli sama lingkungan,” tulis akun Vina Graecya.

Sementara akun Novita Dewi Sudarto menulis, “Ayo bareng-bareng mas, pengen ikut bantu, tapi saya ga berani terlalu malam, haha.”

Baca Juga:





loading...