Ini 4 Tanda Riya Dalam Beramal Menurut Ali Bin Abi Thalib



Dalam beribadah diperlukan niat yang ikhlas dimana hanya mengharapkan pandangan dan keridhoan Allah Ta’ala. Niat yang ikhlas juga menjadi sebab diterimanya amalan seseorang di hadapan Allah, selain dari syarat lain yang menjadi syariat sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Ini 4 Tanda Riya Dalam Beramal Menurut Ali Bin Abi Thalib

Seseorang yang dikatakan ikhlas dalam beramal adalah tidak menyekutukan Allah saat berniat dan tidak pula ingin melakukan amalan tersebut atas dasar pandangan manusia, entah itu ingin dipuji ataupun takut dicela.

Itulah penyakit manusia yang disebut dengan riya dimana segala amalan baik yang dilakukannya hanya bertujuan untuk mendapatkan pujian dari manusia. Dengan begitu amalan yang dilakukan bukanlah karena Allah sehingga sia-sialah amalan yang dilakukan karena tidak berpahala sedikit pun.

Salah seorang sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang juga merupakan menantunya yakni Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu telah memberikan keterangan mengenai tanda-tanda seseorang jika terjangkit penyakit riya.

“Ada empat tanda bagi orang yang riya dalam beramal, yaitu (1) malas beramal jika sendirian, (2) rajin beramal jika banyak orang, (3) semakin rajin beramal jika mendapat pujian, (4) semakin malas beramal jika mendapat celaan.”

Ini 4 Tanda Riya Dalam Beramal Menurut Ali Bin Abi Thalib

Baca Juga:


Semoga kita semua dijauhkan dari tanda-tanda riya tersebut agar amalan yang dilakukan diterima Allah Ta’ala. Aamiin



loading...