Diantara Tanda-tanda Kiamat: Tampilnya Orang Fasik di Masjid




Tak ada manusia yang bisa mengetahui secara pasti kapan tiba hari kiamat. Namun, 14 abad silam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan pada umatnya berbagai tanda-tanda kiamat dalam banyak hadits.

Salah satunya adalah tanda kiamat yang terkait dengan peristiwa di Masjid, bahkan sering terjadi di Masjid-masjid yang ada di negara kita Indonesia.

Diantara Tanda-tanda Kiamat: Tampilnya Orang Fasik di Masjid
Ilustrasi


Dalam sebuah hadits riwayat Abu Nu’aim disebutkan bahwa di antara tanda kiamat adalah tampilnya orang fasiq di masjid.

لِلسَّاعَةِ أَشْرَاطٌ " قِيلَ : وَمَا أَشْرَاطُهَا ؟ قَالَ : " غُلُوُّ أَهْلِ الْفِسْقِ فِي الْمَسَاجِدِ ، وَظُهُورُ أَهْلِ الْمُنْكَرِ عَلَى أَهْلِ الْمَعْرُوفِ

"Terjadinya hari kiamat itu ada tanda-tandanya." Rasulullah ditanya: "Apa tanda-tandanya?" Beliau bersabda: "Tampilnya orang-orang fasiq di masjid-masjid dan kemenangan pengikut kemungkaran atas pengikut kebaikan." (HR Abu Nu'aim dalam Hilyatul Auliya')

Dikutip dari laman Jurnalmuslim, Syaikh al-Ghumari dalam Muthabaqah al-Ikhtira'at pernah menjelaskan bahwa tampilnya orang-orang fasik di masjid-masjid adalah tampilnya orang-orang kafir dan ramainya para politisi memberikan ceramah di masjid-masjid untuk kepentingan politiknya.

Dalam Al Qur’an, orang-orang kafir juga sering disebut sebagai orang-orang fasiq. Misalnya dalam Surat As Sajdah.

أَفَمَنْ كَانَ مُؤْمِنًا كَمَنْ كَانَ فَاسِقًا لَا يَسْتَوُونَ

Apakah orang-orang beriman itu sama dengan orang-orang yang fasik? Mereka tidak sama” (QS. As Sajdah: 18)


Baca Juga:







loading...