Bagi Masyarakat Kurang Mampu, Habibie Gratiskan Biaya Pengobatan Ginjal Di Rumah Sakit Miliknya




Bagi Masyarakat Kurang Mampu, Habibie Gratiskan Biaya Pengobatan Ginjal Di Rumah Sakit Miliknya

Bagi Masyarakat Kurang Mampu, Habibie Gratiskan Biaya Pengobatan Ginjal Di Rumah Sakit Miliknya

Bakti mantan Presiden RI, BJ Habibie kepada negeri tak hanya ia realisasikan lewat karyanya di bidang teknologi penerbangan. Kini ia juga ingin memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat lewat peresmian Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny RA Habibie yang berada di Jalan Tubagus Ismail, Bandung pada hari Senin (8/8/2016).

Dilansir dari Republika (9/8/2016) tujuan dari pembangunan rumah sakit tersebut guna memberikan kemudahan bagi masyarakat bawah untuk mendapatkan pengobatan.

“Kalau memang tidak mampu membiayai, dia dapat dengan cuma-cuma. Ya memang persyaratannya begitu. Itu persyaratan dari Ibu saya, yang meneruskan adik kandung saya,” ucapnya.

Dituturkannya bahwa bagi masyarakat yang tidak memiliki apa-apa bisa langsung datang dan diperiksa di sana. Dengan demikian pembangunan RS Ginjal tersebut dapat membantu memberikan kesehatan yang optimal kepada masyarakat.

“Dan bisa benar-benar bekerja produktif dan jadi unggul,” lanjutnya.

Habibie juga menjelaskan bahwa dalam proses pencucian darah bagi penderita masalah ginjal, yang menjadikan mahal adalah cairannya. Namun di RSKG Ny RA Habibie cairan tersebut dibuat sendiri melalui teknologi yang mereka temukan. Bahkan dengan penemuan tersebut dapat membantu beberapa Kabupaten yang diketahui memiliki banyak penderita gagal ginjal atau masalah pada ginjalnya dengan tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.

“Mesinnya dikasih secara cuma-cuma dan dikasih juga cairannya. Tapi harus datang kesini, diambil,” tuturnya.

Tak hanya itu saja, Habibie juga mengungkapkan bahwa Rumah Sakit tersebut siap memberikan pelatihan kepada para petugas yang ada di daerah.

“Kita didik disini, kalau antar cairannya kita tidak kuat,” tambahnya.

Untuk saat ini Rumah Sakit Khusus Ginjal sudah dibangun di Bandung dan Batam. Sementara untuk wilayah Gorontalo sedang dilakukan pembangunan.

Tak hanya Rumah Sakit Khusus Ginjal, Habibie juga membangun rumah sakit untuk pengobatan mata yang berada di Bogor. Harapannya agar semua rumah sakit tersebut bisa menjadi mata air bagi masyarakat Indonesia.

“Ada juga untuk mata di Bogor. Kita bantu keluarga di Indonesia sebagai mata air,” ucapnya.

Dirinya pun berharap agar setiap orang mampu menjadi mata air dan memberikan karya nyata bagi Indonesia sehingga negara bisa menjadi tentram.

“Kalau setiap keluarga jadi mata air, Indonesia akan semakin tentram,” pungkasnya.

Baca Juga:








close ini