Inilah 6 Janji Allah Untuk Orang Yang Suka Bersedekah

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Bersedekah merupakan anjuran dalam Islam yang dimana prakteknya adalah dengan memberikan materi maupun jasa untuk meringankan ataupun membahagiakan orang lain. Sedekah tidak selalu berbentuk materi seperti uang ataupun benda. Namun dalam Islam, perbuatan seperti tersenyum pun akan ditulis sebagai sebuah sedekah.

Janji Allah Untuk Orang Yang Suka Bersedekah

Terdapat janji Allah kepada orang yang rajin bersedekah. Selain membantu sesama ataupun membahagiakannya, bersedekah juga akan langsung dibalas oleh Allah baik itu di dunia maupun nanti di akhirat. Janji Allah tersebut tertulis jelas baik dalam Al Quran maupun Hadist Rasulullah SAW. Inilah beberapa keutamaan yang Allah janjikan tersebut.

1. Sedekah Jadi Penghapus Dosa

Bagi orang yang rajin bersedekah, maka Allah berjanji untuk menghapus dosa-dosanya. Keutamaan tersebut terdapat dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR Tirmidzi)

Namun sedekah yang menghapus dosa adalah sedekah yang disertai dengan taubat nasuha dan tidak lagi mengulangi dosanya tersebut. Sangat tidak mungkin sekali orang yang korupsi, mencuri ataupun memakan riba kemudian bersedekah dengan harapan dosanya dapat impas oleh sedekahnya tersebut namun tidak disertai dengan penyesalan akan dosanya. Dengan kata lain, sedekah yang menghapus dosa adalah sedekah yang dilanjutkan dengan bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

2. Naungan Di Hari Akhir

Selain mendapatkan ampunan yang besar dari Allah SWT, seseorang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir nanti. Dalam sebuah hadist dinyatakan terdapat 7 orang yang akan mendapatkan naungan dari Allah dimana pada saat tersebut tidak ada lagi naungan selain naunganNya.

Baca Juga: Inilah 7 Golongan Yang Dinaungi langsung Oleh Allah di Hari Kiamat

Dan diantara 7 golongan tersebut adalah, Orang yang suka bersedekah.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya akan menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya” (HR Bukhari)

3. Pahala Yang Berlipat-lipat

Bagi yang ingin mendapatkan rezeki yang berlipat ganda, maka bersedekahlah. Ini karena Allah akan melipatgandakan rezeki bagi mereka yang suka bersedekah. Pernyataan tersebut selaras dengan firman Allah SWT.

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan RasulNya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak” (QS Al Hadid 18)

4. Adanya Pintu Surga Khusus Untuk Mereka Yang Gemar Sedekah

Sebuah hadist menyatakan “Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan” Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia dipanggil dari pintu shalat. Yang berasal dari kalangan Mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika ia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Terbebas dari Siksa Kubur

Di akhirat nanti selain bisa masuk lewat pintu khusus menuju surga, seseorang yang bersedekah akan terbebas dari siksa kubur yang menyedihkan.

Rasulullah SAW bersabda “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur” (HR Ath Thabrani)

6. Dijauhkan Dari Api Neraka

Janji Allah yang terakhir bagi mereka yang gemar bersedekah adalah dijauhkan dari siksa api neraka yang menyala-nyala. Meskipun harta yang disedekahkan hanya sedikit, namun jika dilakukan dengan penuh keikhlasan maka sedekah yang kecil tersebut akan berdampak besar dari dijauhkannya siksa api neraka pada diri kita.

Semakin banyak harta yang disedekahkan, maka semakin besar pula jauhnya api neraka untuk membakar jiwa kita. Rasulullah SAW pun bersabda “Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah” (HR Bukhari dan Muslim)

Itulah janji Allah kepada hambaNya yang gemar bersedekah dengan ikhlas dan tidak mengumbar kebaikannya tersebut. Jika sedekah hanya untuk memperoleh simpati orang, maka hilanglah janji yang telah Allah berikan pada hambaNya itu.

Oleh karena itu lakukanlah sedekah baik di saat lapang maupun sempit agar apa yang telah Allah janjikan bisa terealisasi baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Loading...