Alami Lumpuh Selama 1,5 Tahun, Pemuda Ini Justru Bisa Menghafalkan 30 Juz Al Quran




Alami Lumpuh Selama 1,5 Tahun, Pemuda Ini Justru Bisa Menghafalkan 30 Juz Al Quran
Ahmad Maki'ah Al Hafiz (Candra P Pusponegoro/Tribunnews.com)
Alami Lumpuh Selama 1,5 Tahun, Pemuda Ini Justru Bisa Menghafalkan 30 Juz Al Quran

Dibalik setiap musibah akan terdapat hikmah dan pembelajaran yang sangat berharga. Itulah yang dirasakan oleh Ahmad Maki’ah al Hafiz yang mengalami kelumpuhan selama 1,5 tahun dan hanya bisa berbaring di kasur akibat mengalami kecelakaan motor.

Dalam kondisinya yang tidak mampu melakukan aktivitas normal, ia justru mampu menghafalkan 30 juz Al Qur’an. Tak heran jika kesedihan atas kondisinya tersebut berubah menjadi sebuah rasa syukur.

Memang Allah senantiasa memberikan hikmah atas setiap kejadian ataupun musibah. Tinggal kita menyikapinya saja apakah mau berputus asa ataukah tetap optimis terhadap rahmat-Nya.

Awalnya pemuda kelahiran Yogyakarta 15 Maret 1990 ini hendak berangkat untuk mengikuti tes ujian guna mendapatkan beasiswa. Namun dalam perjalanan, motor yang ditumpanginya bertabrakan dengan sebuah mobil.

Akibat kejadian tersebut, kedua tulang panggul dan lengannya pun patah. Sehingga ia hanya bisa berada di tempat tidur sekitar 1, 5 tahun. Guna memulihkan kondisi patah tulangnya, dokter kemudian memasang penyangga di dalam keempat tulang tersebut.

“Sebelum tes beasiswa, calon peserta harus ikut ujian tertulis di Pati Jawa Tengah. Sebelum tiba di lokasi, di daerah Purworejo saya mengalami kecelakaan hebat. Kedua tangan dan tulang panggul saya patah,” ucapnya sebagaimana dilansir dari Tribunnews, Rabu (8/8/2012).

Diketahui bahwa dirinya memang hendak berkuliah di Universitas Al Azhar Mesir. Karenanya sejak dahulu ia telah berusaha menghafal beberapa surat yang panjang karena memang syarat untuk bisa berkuliah di Mesir maupun Arab Saudi haruslah mampu menghafal 8 surat Al Qur’an yang panjang.

Karena kondisinya yang mengalami kelumpuhan, ia pun akhirnya tak mampu mengikuti ujian beasiswa dan harus tinggal di rumahnya. Selama proses kesembuhan, Ahmad sudah ratusan kali mengkhatamkan Al Qur’an. Baginya jika seorang muslim ikhlas membaca Al Qur’an maka semakin mudah untuk diingat dan dihafal.

Karenanya setelah 1,5 tahun, Ahmad pun bisa menghafal seluruh isi Al Qur’an dengan sempurna.

“Alhamdulillah selama diberikan musibah, saya justru mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Jika saat itu tidak kecelakaan, saya sudah berada di Mesir dan hanya hafal 8 surat saja. Namun dengan musibah ini, 6.666 ayat sudah hafal di luar kepala,” tuturnya.

Tak hanya Ahmad saja yang hafal akan kalimat Allah tersebut, semua keluarga besarnya pun sudah bisa menghafalkan Al Qur’an dan hal tersebut sudah menjadi program yang wajib dikuasai oleh semua anggota keluarganya.

Meski telah menghafalkan kalimat dalam Al Qur’an, dirinya tidak merasa puas karena ia juga akan menghafalkan seluruh tafsir dan makna bacaan tersebut. Oleh karena itu selepas sembuh dari kelumpuhan sementaranya, Ahmad pun akan mengambil kuliah dalam bidang tafsir Al Qur’an dan hadist di Mekkah Arab Saudi.

Kini setelah berada di Mekkah, ia begitu haus akan ilmu dan hal ini terbukti dari ratusan hadist yang berhasil ia hafalkan. Selain itu dengan berkuliah di Mekkah akan membuat dirinya fasih dalam keilmuan.

“Insya Allah target saya belajar di sini minimal 10 tahun. Kalau sekarang ini, saya belum ada apa-apanya dibandingkan mereka yang sudah senior,” pungkasnya merendah.

Baca Juga:


Semoga Allah mengkaruniakan ilmu yang bermanfaat terhadap pemuda tersebut sehingga nantinya bisa dibagikan kepada masyarakat muslim yang ada di Indonesia. Aamiin