Ini Penjelasan Ahli Medis Mengapa Berpuasa Bisa Membuat Awet Muda




Ini Penjelasan Ahli Medis Mengapa Berpuasa Bisa Membuat Awet Muda

Ini Penjelasan Ahli Medis Mengapa Berpuasa Bisa Membuat Awet Muda

Sesungguhnya ajaran yang dibawa oleh Rasulullah tak hanya ditujukan untuk kepentingan batin semata, akan tetapi juga mampu berpengaruh pada keadaan fisik seseorang. Seperti shalat, puasa juga memiliki manfaat yang bisa dibuktikan secara ilmiah menjadi kesembuhan ataupun kesehatan bagi seseorang.

Pernyataan ini bukanlah berasal dari orang biasa, melainkan dari pakar ahli medis yang salah satunya adalah dari Dr Briliantono M Soewarno. Ahli bedah tulang tersebut membenarkan bahwa puasa dapat mencegah terjadinya penuaan. Ini karena ketika berpuasa, organ-organ dalam tubuh dapat beristirahat dari kesibukan mencerna makanan.

“Puasa akan menghentikan sementara proses-proses fisiologis atau metabolisme di dalam tubuh kita,” ucapnya yang ditulis dalam sebuah buku berjudul “Ramadhan yang Mengasyikkan.”

Dalam penjelasannya, Briliantono menyebutkan bahwa proses penghentian metabolisme karena melakukan puasa akan membawa dampak baik terhadap empat rangkaian kesehatan. Dengan pembatasan jumlah makanan yang masuk setiap harinya selama puasa akan menjadikan intensitas kerja organ pencernaan menjadi menurun.

“Turunnya intensits kerja sistem pencernaan itu kemungkinan dapat membuat racun dari dalam tubuh turun, baik endotoksin maupun eksotoksin,” tambah Briliantono.

Puasa juga mencegah terjadinya pengeluaran hormon dan enzim pencernaan secara besar-besaran. Dengan demikian, racun dalam tubuh dapat keluar dan organ tubuh pun dapat meregenerasi secara baik.

Yang penting juga adalah puasa memiliki keutamaan dapat melindungi dinding sel dari berbagai serangan radikal bebas dan membuat racun tubuh keluar lewat detoksifikasi.

Hal ini pun telah dibuktikan lewat penelitian dimana orang yang berpuasa akan mendapati tubuhnya mengalami pengurangan terkait radikal bebas hingga 90 persen. Bersamaan dengan itu, tubuh pun akan memproduksi antioksidan dengan peningkatan 15 persen.

Seperti yang sudah diketahui bahwa antioksidan menjadi pelindung kulit agar tidak cepat mengalami penuaan. Karenanya sangat terbukti bahwa puasa dapat menjadi jalan untuk bisa awet muda.

Baca Juga:


Semoga puasa kita di bulan Ramadhan tak hanya untuk kepentingan pribadi tubuh semata, melainkan ikhlas karena Allah Ta’ala yang telah mensyariatkannya.

Wallahu A’lam




loading...

close ini