Subhanallah, Berjenggot Ternyata Bisa Cegah Kanker Dan Tetap Awet Muda




Berjenggot Ternyata Bisa Cegah Kanker Dan Tetap Awet Muda


Subhanallah, Ternyata Berjenggot Bisa Cegah Kanker Dan Tetap Awet Muda

Tubuh sehat dan awet muda adalah dambaan setiap insan, termasuk kaum adam. Banyak pria yang menempuh berbagai perawatan kesehatan demi meraih vitalitas tubuh tersebut. Mereka pun rela merogoh kocek cukup dalam hingga puluhan juta rupiah. Namun ternyata rahasia tubuh sehat dan awet muda tidak perlu ditempuh dengan jalan rumit dan biaya mahal, melainkan cukup dengan memelihara jenggot.

Ya, dengan hanya berjenggot para pria sudah bisa menjaga kesehatan tubuhnya seperti mencegah kanker bersarang serta menjaga sel-sel tubuh tetap awet muda. Maka dengan keuntungan-keuntungan dari segi kesehatan ini, alangkah meruginya kaum adam yang membiarkan dagunya plontos.

Anjuran berjenggot telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kurang lebih 1400 tahun silam: ”Berbedalah dengan orang-orang musyrik. Potong pendeklah kumis dan biarkanlah jenggot”. Memang dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak disebutkan tentang manfaat dari membiarkan jenggot. Namun beberapa riset ilmiah dewasa ini telah membuktikan manfaat jenggot bagi kesehatan tubuh, yang diantaranya:

1. Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Wajah yang ditutupi jenggot dan jambang menjadikannya terlindung dari sinar matahari. Bahkan bisa melindungi hingga 90-95 % paparan sinar UV. Hal ini sebagaimana dilansir dari jurnal Radiation Protection Dosimetr hasil penelitian University of Southern Queensland. Sehingga semakin lebat suatu jenggot, maka semakin besar pula perlindungan yang didapat.

Wanita pun akan mendapatkan manfaat yang sama jika menutupi daerah bagian leher ataupun sisi-sisi wajahnya dengan hijab.

2. Terhindar Dari Serangan Asma

Jenggot juga memiliki fungsi sebagai penyaring berbagai gejala asma ataupun alergi seperti alergi yang berasal dari serbuk ataupun debu. Ketika debu atau serbuk akan mengenai wajah, maka akan lebih dahulu tertahan pada daerah jenggot.

3. Memperlambat Penuaan

Dengan memiliki jenggot, maka wajah akan mengalami kelembaban yang alami sehingga mampu mengurangi tingkat penuaan. Selain itu manfaatnya adalah sebagai penghalang dari angin ataupun udara dingin yang membuat kulit wajah menjadi kering.

4. Mampu Melawan Batuk

Manfaat yang dirasakan bagi kesehatan pada pemilik jenggot adalah mampu melawan batuk yang meradang. Ini karena daerah di sekitar jenggot seperti di leher akan memiliki suhu yang hangat sehingga mampu melawan pilek.

Menurut Carol Walker, rambut menjadikan kita tetap hangat dan menjadi penahan dinginnya cuaca.

5. Terhindar Dari Kulit Yang Kemerahan Dan Infeksi

Dengan tidak mencukurnya akan membuat laki-laki terhindar dari ruam merah yang mengganggu wajah. Menurut konsultan Dermatologis di London Skin and Hair Clinic, Dr Martin Wade menyebutkan bahwa pisau cukur akan membuat kulit menjadi kemerahan sehingga sangat beruntung pria bisa memelihara jenggot.

Sesungguhnya Allah dan RasulNya tidak menganjurkan sesuatu jika tidak ada kebaikan di dalamnya. Begitu pun dengan memelihara jenggot yang ternyata dalam bidang kesehatan mengandung banyak manfaat.

Karena itu patutlah kita mengikuti anjuran Rasulullah dalam sabdanya, “Potong pendek kumis dan biarkanlah (pelihara) jenggot.” (HR Muslim)
Baca Juga: Subhanallah, Sunnah Rasul Itu Memang Ajaib
Semoga para kaum laki-laki muslim semuanya bisa mengikuti sunah yang telah Rasulullah anjurkan. Aamiin

Wallahu A’lam




loading...

close ini