Pengen Awet Muda dan Otak Tetap Terawat Baik? Yuk, Rutinkan Puasa Sunnah Senin Kamis

Pengen Awet Muda dan Otak Tetap Terawat Baik? Yuk, Rutinkan Puasa Sunnah Senin Kamis

author photo
Senin dan kamis adalah dua nama hari dalam kalender Hijriyah dan Masehi. Namun 2 hari tersebut memiliki keistimewaan tersendiri, karena pada hari itu Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah. Puasa Sunnah Senin dan Kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Puasa Sunnah Senin Kamis


Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah,

Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad)

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita mesti puasa sunnah pada tiap hari Senin dan Kamis? Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Sebagai amalan sunnah, tentu saja puasa senin kamis ini memiliki posisi yang penting di mata Allah SWT. Selain itu, Ketika sedang kita berpuasa senin - kamis, tentunya pola makan mengalami perubahan dibanding hari-hari biasa dalam seminggu ketika tidak sedang berpuasa. Alhasil, banyak perubahan terjadi pada tubuh. Mulai dari sistem pencernaan hingga otak.

Sebab, selama berpuasa akan ada pelepasan hormon yang mengganggu cara tubuh dalam perubahan makanan menjadi energi, maka mengakibatkan jumlah mitokondria dalam neuron otak (yang memberitahu sinyal lapar) akan meningkat.

Meskipun demikian, ternyata ibadah puasa akan memberikan beberapa manfaat yang sangat besar untuk otak. Sebuah kajian ilmiah yang dilakukan oleh National Institute on Aging menunjukkan bahwa pengurangan selang waktu makanan dapat melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Peneliti menjelaskan, pembatasan diet selama 2 hari dalam seminggu dapat merangsang produksi neuron baru dari sel induk (neurogenesis) dan dapat meningkatkan plastisitas sinaptik, yang dapat meningkatkan kemampuan otak untuk melawan penuaan dan memulihkan cedera fungsi lanjutan.

Oleh karena itu, meningkatkan interval waktu antara waktu makan dapat bermanfaat bagi otak, bahkan ketika jumlah makanan meningkat dan tak ada penurunan asupan kalori.

Di sisi lain, tingkat gula darah yang rendah selama puasa dapat mengunci otak ke dalam tahapan tidur nyenyak. Puasa akan meningkatkan kualitas dan mengintensifkan kedalaman tidur. Hal ini akan berdampak baik karena proses perbaikan tubuh dan otak terjadi selama tidur.

Sementara itu, Dr. Yuri Nikolayev berpendapat bahwa kemampuan puasa yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda adalah sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan:

"What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting.”

(Menurut pendapat Anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional).

Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa akan menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh

"Fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour"

Ketiga orang Ilmuwan Barat itu, bahkan mengakui kehebatan dari puasa. Mengapa kita yang muslim justru terkadang melalaikannya? Padahal jelas sekali Rasulullah telah bersabda seperti di atas tersebut.

Pengen awet muda dan otak tetap terawat baik? Yuk, Rutinkan puasa sunnah senin kamis..
Next article Next Post
Previous article Previous Post