Para Istri, Bacalah 3 Nasehat Penting Dari Rasulullah Ini Jika Tidak Mau Celaka




Para Istri, Bacalah 3 Nasehat Penting Dari Rasulullah Ini Jika Tidak Mau Celaka

Para Istri, Bacalah 3 Nasehat Penting Dari Rasulullah Ini Jika Tidak Mau Celaka

Sesungguhnya Rasulullah telah menempatkan wanita dalam posisi yang terbaik di ajaran islam. Bagaimana tidak, wanita begitu dihormati sehingga sudah menjadi kewajiban umat islam untuk menjaga dan menghormatinya. Meskipun begitu, wanita termasuk pribadi yang unik dimana mereka tidak boleh dikasari, namun juga tidak boleh dibiarkan. Demikian seperti yang terdapat dalam riwayat Bukhari.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun telah memberitahukan kepada setiap wanita bahwa mereka sangat begitu mudah untuk masuk surga ataupun masuk neraka.

“Sungguh di antara kalian ada orang-orang yang masuk surga (beliau sambil merapatkan jari-jari tangannya) dan sebagian besar kalian akan menjadi bahan bakar api neraka (lalu beliau membuka jari-jari tangannya). Seorang wanita bertanya, “Mengapa wahai Rasulullah?” Rasul menjawab, “Karena kalian banyak melaknat, mengingkari kebaikan suami dan menunda-nunda kebaikan.” (HR Ibnu Hibban)

Hadist tersebut memang diperuntukkan bagi para wanita, terutama yang telah menikah sehingga sangatlah mudah seorang wanita memperoleh surga hanya dengan takwa kepada Allah, taat kepada suami dan selalu bersedekah.

Akan tetapi Rasul juga memperingatkan agar jangan menjadi wanita yang celaka yakni wanita yang senang melaknat. Mereka memang sangat mudah untuk melaknat, baik terhadap orang yang mereka benci ataupun terhadap diri mereka sendiri.

Padahal Rasulullah menyatakan bahwa sangat buruk seorang yang mengaku mukmin namun senang melaknat.

“Bukanlah seorang mukmin itu seorang yang suka mencela, tidak pula seorang yang suka melaknat, bukan seorang yang keji dan kotor ucapannya.” (HR Bukhari)

Wanita yang celaka juga adalah wanita yang ingkar akan kebaikan suaminya. Hal ini telah Rasulullah jelaskan dalam riwayat Tirmidzi.

“Tidaklah seorang istri yang menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya (di akhirat kelak) bidadari yang menjadi pasangan suaminya (berkata), “Janganlah engkau menyakitinya, kelak kamu dimurkai Allah, seorang suami bagimu hanyalah seorang tamu yang bisa segera berpisah dengan kamu menuju kami.” (HR Tirmidzi)

Wanita yang celaka lainnya adalah wanita yang senantiasa menunda-nunda kebaikan. Memang sifat wanita yang lebih mengedepankan emosi dan perasaannya akan menjadikan dirinya seringkali menunda kebaikan, terutama jika emosinya sedang labil. Hal ini pun pernah terjadi pada masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wasallam sebagaimana riwayat Tirmidzi.

Karenanya bagi seorang wanita khususnya dan umat muslim seluruhnya agar segera melaksanakan amalan shaleh sebelum datang 7 hal yang menghancurkan dirinya di dunia dan akhirat yakni kefakiran yang melupakan, kekayaan yang menyesatkan, sakit yang merusakkan, ketuaan yang melemahkan, kematian yang mendadak, datangnya Dajjal yang menjadi seburuk-buruknya makhluk ghaib dan datangnya hari kiamat.

Baca Juga:


Oleh karena itu sudah menjadi keharusan bagi seorang wanita untuk melaksanakan tiga nasehat Rasulullah tersebut karena selain menjadi jalan kemudahan untuk menuju surga, nasehat itu juga menjadi penghalang wanita dari celakanya siksa neraka.

Wallahu A’lam




loading...

close ini