Nasehat Keluarga: Para Istri, Jangan Katakan Kalimat Ini Jika Tak Ingin Semua Amal Baik Gugur Seketika




Nasehat Keluarga: Para Istri, Jangan Katakan Kalimat Ini Jika Tak Ingin Semua Amal Baik Gugur Seketika

Nasehat Keluarga: Para Istri, Jangan Katakan Kalimat Ini Jika Tak Ingin Semua Amal Baik Gugur Seketika

Tak hanya berdandan yang cantik dan memperindah tubuh dengan berbagai perawatan yang komplit, seorang istri juga harus juga menjadi pribadi yang cerdas, berakhlak mulia dan taat beragama. Jika hanya memiliki salah satunya, maka wanita tersebut sangat jauh dari sebutan istri shalihah.

Bukan hanya suami saja yang diharuskan untuk menambah wawasannya lewat menuntut ilmu. Akan tetapi istri pun memiliki kewajiban yang sama, baik ilmu yang umum ataupun ilmu agama. Semua ilmu harus didapat secara berimbang sehingga seorang istri akan memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Ia juga akan mengetahui mana yang boleh dilakukan dan mana yang dilarang.

Adapun Rasulullah telah memberikan peringatan kepada setiap wanita agar berhati-hati dalam bertutur kata. Memang, ucapan merupakan hal yang mudah keluar namun sangat besar resikonya. Tak tanggung-tanggung kesalahan ini bisa menjadikan seorang istri kehilangan amal sholeh yang selama ini ia perbuat.

Larangan tersebut tercantum dengan jelas dalam riwayat Imam Ibnu Ady dan Imam Ibnu Asakir dimana Rasulullah bersabda, “Jika seorang istri berkata kepada suaminya, “Belum pernah aku mendapatkan kebaikan darimu,” maka gugurlah amalnya.”

Keterangan ini kemudian dijelaskan oleh salah seorang Ustadzah dengan ucapan, “Istri Shalihah harus mampu menjaga rahasia suami dan keluarga, tidak mencari-cari kesalahan atau kelemahan suaminya. Sebaliknya, is justru sangat menghargai setiap pemberian suami.”

Ucapan seorang istri yang ada pada hadist Rasulullah tersebut diancam sangat serius dikarenakan merupakan tanda dari kufur nikmat dan tidak berterima kasih atas kebaikan suami yang diterimanya selama ini. Dengan kata lain itu tidak bersyukur kepada Allah yang telah memberikan rezeki kepada suaminya tersebut.

Inilah mengapa Rasulullah begitu sedih melihat banyaknya wanita yang menjadi penghuni neraka jahanam. Mereka kebanyakan merupakan para istri yang tidak pernah bersyukur atas nikmat Allah dan seringkali meremehkan pemberian suami.

Harusnya, seorang istri akan bersyukur atas sedikit ataupun banyak rezeki dari suaminya. Ia pun akan sangat berterima kasih atas pemberian suami yang telah bekerja keras untuk keluarga. Dengan demikian rahmat dan keberkahan dari Allah pun akan senantiasa menaungi rumah tangganya.

Semoga para istri yang ada di mana pun berada bisa menjaga lisan mereka dari ketidaksyukuran atas pemberian suami.

Wallahu A’lam




loading...