Ini 8 Fadhilah Surat Al Hasyr Ayat 21-24




Ini 8 Fadhilah Surat Al Hasyr Ayat 21-24 │ Allah telah menjadikan Al Quran sebagai mukjizat yang bermanfaat bagi manusia. Tak hanya berkisar antara perintah dan larangan, akan tetapi dalam Al Quran juga terdapat ayat-ayat yang mengandung fadhilah atau khasiat.

Ini 8 Fadhilah Surat Al Hasyr Ayat 21-24

Salah satunya adalah surat Al Hasyr ayat 21 sampai 24 yang apabila didawamkan bisa mendatangkan kebaikan dan terhindar dari keburukan.

Fadhilah Surat Al Hasyr Ayat 21-24

Lantas apa saja fadhilah atau keutamaan surat Al Hasyr tersebut? Berikut adalah fadhilahnya berdasarkan hadist yang disampaikan oleh Rasulullah.

1. Menjadi Obat Segala Penyakit, Kecuali Kematian

Sesungguhnya Al Quran adalah obat bagi setiap apa yang ada dalam dada. Itulah firman Allah yang telah kita ketahui bersama. Akan tetapi sesungguhnya Al Quran bisa menjadi obat bagi apa yang ada pada tubuh kita. Keterangan ini berdasarkan hadist dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah bersabda,

“Letakkanlah tanganmu di atas kepala! Karena sesungguhnya Jibril karena waktu menurunkan ayat tersebut telah berkata, “Letakkanlah tanganmu di atas kepalamu! Karena sesungguhnya ayat ini adalah obat dari segala macam penyakit kecuali kematian.” (HR Khotib Al Baghdadi)

2. Terlindung Dari Gangguan Jin

Bagi yang merasa sering diganggu makhluk halus ataupun merasa tidak nyaman dalam suatu tempat, cobalah untuk membaca surat Al Hasyr.

Dalam suatu riwayat, Abu Ayyub Radhiyallahu ‘Anhu pernah memiliki pengering kurma sehingga di rumahnya banyak buah kurma yang sedang dikeringkan. Keesokannya kurma-kurma tersebut selalu berkurang jumlahnya dan hal itu membuat Abu Ayyub penasaran. Maka suatu malam, Abu Ayyub mendengar kedatangan seseorang dan langsung Abu Ayyub menanyai orang yang datang tersebut.

Ternyata sosok yang datang tersebut adalah laki-laki dari golongan jin yang telah kehabisan bekal dan sengaja mengambil kurma milik Abu Ayyub. Abu Ayyub pun menghalalkan kurma yang telah diambil oleh jin tersebut dengan syarat, jin tersebut harus memberitahukan doa atau bacaan yang ampuh untuk terlindung dari gangguan jin.

Maka Jin pun berkata, “Doa yang paling utama untuk melindungi diri kalian dari gangguan kami adalah beberapa ayat yang terdapat dalam akhir surat Al Hasyr.” (HR Ibnu Marduwaih)

3. Allah Hapus Kesalahan Yang Telah Dilakukan

Manusia tidak akan bisa luput dari dosa dan salah. Karenanya setiap insan harus terus memanjatkan permohonan agar setiap kesalahan bisa terhapus sebelum ia meninggal.

Dalam hal ini Rasulullah telah memberikan jawaban bagaimana untuk menghapus kesalahan yang telah dilakukan.

Dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca akhir surat Al Hasyr, kemudian dia meninggal pada siang atau malam harinya, maka Allah akan menghapus seluruh kesalahan-kesalahan yang telah dia lakukan.” (HR Ibnu Marduwaih)

4. Tercatat Sebagai Mati Syahid

Siapa yang tidak ingin mati syahid? Mati syahid merupakan mati yang diinginkan oleh setiap muslim karena dengan begitu, ia akan langsung masuk ke surga tanpa harus dihisab terlebih dahulu.

Dari Anas Radhiyallahu ‘ Anhu, sesungguhnya Rasulullah memerintahkan kepada seorang laki-laki setiap dia hendak berbaring di tempat tidurnya untuk membaca surat Al Hasyr. Setelah itu beliau bersabda, “Apabila engkau mati, maka engkau mati sebagai syahid.” (HR Ibnu Sunni dan Ibnu Marduwaih)

5. Akan Dilindungi Dengan 70.000 Malaikat Penjaga

Sebagai perlindungan, maka mohonlah kepada Allah lewat surat Al Hasyr ini. InsyaAllah akan terlindung dari gangguan jin dan setan.

Dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang minta perlindungan kepada Allah dari gangguan jin (dengan membaca Taawud) sebanyak 3 kali kemudian dia membaca akhir surat dari surat Al Hasyr, maka Allah akan mengirim 70.000 malaikat untuk mengusir setan dari golongan jin dan manusia. Apabila dia membacanya di waktu malam, maka dia akan dijaga sampai pagi dan apabila dia membacanya di waktu pagi, maka dia akan dijaga sampai sore.” (HR Ibnu Marduwaih)

6. Mendapat Jaminan Surga

Sesungguhnya Abu Umamah berkata, Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca penutup surat Al Hasyr pada waktu malam atau siang, kemudian dia mati pada waktu malam atau siang, maka wajib baginya masuk surga.” (HR Ibnu Addi, Khotib dan Baihaqi)

7. Termasuk Ismul A’dzom

Ismul A’dzom merupakan bacaan yang ditinggikan dan besar keutamaannya ketika didawamkan.
Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Ismul A‘dzom terdapat dalam 6 ayat terakhir dari surat Al Hasyr. (HR Ad Dailami)

8. Dimohonkan Ampun Oleh Malaikat

Ketika seorang muslim mendawamkan surat Al Hasyr, maka otomatis Allah akan menugaskan 1000 malaikat untuk memohon ampun atasnya. Keterangan ini sama persis dengan sabda Rasulullah.

“Barang siapa yang pada waktu pagi membaca: A’udzu billahisami’il ‘aliim minasyyaithonir rojim sebanyak 10 kali, maka Allah menugaskan 1000 malaikat untuk mendoakannya hingga sore hari. Dan ketika membaca doa maka dia akan mendapatkan keutamaan sebagaimana ketika dia membacanya di waktu pagi.” (HR Ahmad, darimi dan Tirmidzi)

Baca Juga:



Jadi segera amalkan surat pendek tersebut serta pahami artinya. Moga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada kita semua. Aamiin