Ternyata Keutamaan Surat Al Mulk Bisa Berbuah Syafaat




KabarMakkah.Com – Keutamaan surat Al Mulk sudah sebagian oleh besar diketahui umat Islam dan salah satunya adalah menjadi jalan syafaat di akhirat. Dengan mendalaminya dan memahaminya, kita bisa mendapatkan berbagai pelajaran yang sangat berharga sehingga bukan hanya menjadi bacaan semata tanpa memahami isinya.

Sebuah hadist dari Rasulullah telah menjelaskan bahwa Keutamaan surat Al Mulk salah satunya adalah menjadi syafaat bagi manusia.

Keutamaan Surat Al Mulk Yang Berbuah Syafaat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Satu surat dalam Al Quran tiga puluh ayat akan memberi syafaat bagi orang yang membacanya sehingga Allah mengampuninya, Yaitu: “Maha Suci Allah yang di tanganNya segala kerajaan/kekuasaan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu (terjemahan surat Al Mulk).” Dalam riwayat lain, “.. sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim)

Sangat jelas bahwa surat yang disebutkan Rasulullah dalam hadistnya tersebut merupakan surat Al Mulk. Barang siapa yang dengan kontinu membacanya sekaligus mendalami isinya, maka akan menjadi jalan syafaat bagi orang tersebut. Tentunya semua syafaat yang bisa didapatkan hanya akan bisa berguna ketika telah mendapatkan izin dari Allah.

Hadist lainnya menunjukkan arah yang sama dimana Rasulullah sendiri menyebutkan bahwa surat Al Mulk menjadi syafaat yang memasukkan pelakunya ke dalam surga.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah telah bersabda,

“Satu surat dalam Alquran yang hanya tiga puluh ayat akan membela orang yang membacanya sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yakni surat: “Maha Suci Allah yang di tanganNyalah segala kerajaan/ kekuasaan.” (HR At Thabrani)

Berdasarkan beberapa hadist yang memuat tentang keutamaan dari surat Al Mulk, maka diperoleh beberapa faedah yng sangat berguna bagi umat Islam yang membacanya.

1. Keutamaan yang akan didapatkan tersebut hanya akan bisa terjadi pada orang yang secara kontinu atau sering membacanya serta merenungkan kandungan dan artinya.

2. Sesungguhnya surat Al Mulk merupakan surat dari Al Quran yang senantiasa dibaca oleh Rasulullah ketika hendak tidur di malam hari. Penjelasannya terdapat dalam hadist riwayat At Tirmidzi.

3. Beberapa ulama tafsir menyatakan bahwa surat Al Mulk akan menjadi penyelamat dari adzab kubur dan ini bisa dilihat pada tafsir Al Quthubi.

4. Setiap ayat, surat mupun Al quran seluruhnya akan menjdi syafaat bagi umat muslim yang membaca, menghayati dan mengamalkannya. Rasulullah telah bersabda,

“Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya bacaan Alquran itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR Muslim)
Baca Juga: Ini Keutamaan Surat Al Ikhlas
Jadi apakah masih tidak yakin dengan mukjizat terbesar Rasulullah ini? Segeralah mendawamkan surat Al Mulk dan raih keutamaan surat Al Mulk berupa syafaat di akhirat kelak.