Ini 8 Cara Membuka Pintu Rezeki Ala Rasulullah




Ini 8 Cara Membuka Pintu Rezeki Ala Rasulullah │ Setiap orang selalu menginginkan agar dirinya mendapatkan rezeki sebanyak-banyaknya. Hal tersebut tidaklah salah selama cara mendapatkan dan juga membelanjakannya ada dalam keridhoan Allah. Bahkan sebagian besar sahabat Rasulullah merupakan orang yang kaya dan tidak anti terhadap kekayaan.

Rasulullah sendiri pun merupakan seorang pedagang yang berarti pula membutuhkan rezeki untuk kesehariannya. Beliau mengajarkan bagaimana seharusnya kita meminta rezeki sehingga tidak ada anggapan bahwa rezeki bisa datang tanpa perlu diikhtiarkan.

Ini 8 Cara Membuka Pintu Rezeki Ala Rasulullah

Selain terus berikhtiar, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memiliki cara untuk membuka pintu rezeki. Ingin tahu seperti apa cara membuka pintu rezeki ala Rasulullah tersebut? Berikut rinciannya.

1. Cukupkan Dengan Yang Halal Dan Jauhi Yang Haram

Meski rezeki bisa datang lewat jalan halal ataupun haram, untuk mendapatkan keberkahan dari rezeki tersebut, maka Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mencukupkan hidup dari rezeki yang halal saja. Ini karena berdasarkan riwayat Imam Muslim dimana Rasulullah mengatakan bahwa doa seseorang akan ditolak jika dalam tubuhnya melekat harta atau barang yang haram.

2. Jauhi Segala Yang Syubhat

Terkadang ada rezeki yang kita terima, namun ragu-ragu apakah rezeki tersebut halal ataukah haram. Jika ingin mendapatkan keberkahan rezeki, sebaiknya jauhi segala yang bersifat syubhat. Ini karena perkara syubhat lebih dekat kepada keharaman.

3. Selalu Berprasangka Baik Kepada Allah

Sesungguhnya dalam Al Quran Allah telah berfirman bahwa setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini lahir beserta dengan rezekinya. Oleh karena itu, kita sebagai orang yang beriman harus yakin dan berprasangka baik bahwa Allah telah menjamin rezeki kita. Dengan begitu dalam menjalani kehidupan ini akan dipenuhi dengan sikap optimisme.

4. Iman Dan Takwa Kepada Allah

Tahukah apa yang menjadikan jalan keluar dari segala permasalahan hidup? Tak ada jalan lain selain takwa. Dengan takwa, Allah melimpahkan rezekinya tanpa ada perhitungan. Bahkan dengan takwa pula, Allah mendatangkan rezeki secara tiba-tiba.

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (QS Ath Thalaq 2-3)

Sementara untuk cakupan yang lebih luas seperti suatu desa ataupun negara, sesungguhnya Allah menjamin setiap bidang kehidupan jika semua penduduknya mau beriman dan bertakwa.

“Jika sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi mereka mendustakan itu. maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS Al Arof 96)

5. Selalu Sabar, Syukur Dan Istighfar

Sikap sabar diperlukan ketika seseorang yang telah berusaha namun belum menemui hasil yang diinginkan. Sementara dengan sikap syukur, berarti ia telah menerima apa yang telah Allah beri dan merupakan bentuk ucapan terima kasih yang amat besar. Keduanya hanya akan bisa didapati pada orang yang beriman saja.

Adapun istighfar, Rasulullah telah memberikan jaminan bagi siapa saja yang mendawamkannya dengan penuh kesungguhan bahwa akan dibukakan segala pintu solusi dari setiap permasalahan. Allah akan membukakan baginya kelapangan dan kemudahan hidup.

6. Ikhtiar Dan Bersilaturahmi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa rezeki tidak mungkin datang jika kita tidak berikhtiar. Oleh karenanya berusahalah sembari menambah ilmu yang mendukungnya.

Jangan lupakan juga untuk menjaga tali silaturahmi karena keterangan menyebutkan salah satu keutamaan dari silaturahmi adalah terbukanya pintu rezeki. Selain itu kita juga akan terhindar dari mara bahaya dan dipanjangkan umur.

7. Bersungguh-Sungguh Dalam Berdoa Dan Ibadah

Bagi umat islam, bekerja dalam perkara yang halal sama artinya dengan beribadah. Oleh karenanya lakukanlah secara sungguh-sungguh dan mengharap kepada Allah. Namun meski berupa ibadah, bekerja juga jangan sampai menutup waktu untuk melaksanakan ibadah yang wajib seperti shalat lima waktu.

Disamping itu, iringilah ikhtiar yang dilakukan dengan doa dan sikap qanaah atas apa yang telah diberikan oleh Allah.

8. Perbanyak Infaq Dan Sedekah

Sesungguhnya harta yang kita dapatkan merupakan milik Allah dan didalamnya ada hak bagi orang-orang yang kurang mampu. Oleh karenanya bagilah dengan mereka yang berhak menerimanya seperti dalam bentuk infaq ataupun sedekah.

Demi terbukanya pintu rezeki yang seluas-luasnya, dawamkanlah ibadah yang wajib dan jangan lupakan yang sunah. Ketahuilah bahwa rezeki yang kita belanjakan di jalan Allah, akan diganti dengan yang berlipat-lipat.

Wallahu A’lam




loading...

close ini