Ingin Aman Dari Pencurian? Amalkan Surat Al Isra 110-111




Ingin Aman Dari Pencurian? Amalkan Surat Al Isra 110-111 │ Setiap orang pasti tidak ingin jika harta yang ia miliki dicuri oleh orang lain. Jaman sekarang memang sangat marak terjadi aksi pencurian dikarenakan semakin besarnya angka pengangguran ditambah dengan terbukanya peluang untuk mencuri. Dengan kata lain, kita sendiri juga ikut berperan membuat orang lain berniat jahat.

Namun memang peran yang kita lakukan ada yang sengaja maupun yang tidak disengaja. Yang jelas mengingat aksi pencurian begitu marak, sudah sepantasnya bagi kita untuk menjaga diri. Selain berikhtiar lewat mengunci berbagai jalur masuk rumah seperti pintu maupun jendela, Rasul pun mengajarkan kepada kita amalan yang mampu mengamankan rumah ataupun diri dari pencurian.

Ingin Aman Dari Pencurian? Amalkan Surat Al Isra 110-111

Amalan tersebut adalah dengan membaca Al Quran surat Al Isra ayat 110 hingga 111 secara rutin. Keterangan ini berdasarkan hadist dari Ibnu Abbas Rahimahullah.

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang maksud firman Allah surat Al Isra ayat 110-111. Beliau bersabda, “Ayat tersebut adalah jaminan keamanan dari pencurian. Sesungguhnya seorang laki-laki dari kaum muhajirin (salah seorang sahabat Rasul) telah membaca ayat tersebut setiap dia hendak berbaring di tempat tidurnya. (Pada suatu malam) ada salah seorang pencuri telah memasuki rumahnya, lantas mengumpulkan barang-barang apa saja yang terdapat dalam rumah tersebut dan langsung memanggulnya, sedangkan pemilik rumah tersebut belum tidur. Sesampainya di depan pintu, maka didapatinya pintu rumah itu telah terkunci rapat. Maka pencuri itu pun meletakkan barang-barang yang telah dia bugkus dengan kain dari pundaknya. Kemudian dia berbuat yang demikian itu sebanyak tiga kali (tetapi hasilnya sia-sia belaka). Akhirnya si pemilik rumah itu pun tertawa sambil berkata, “Sesungguhnya aku telah membentengi rumahku.” (HR Baihaqi)

Dari hadist tersebut kita dianjurkan untuk membaca surat Al Isra ketika hendak tidur karena di waktu malamlah kebanyakan pencuri melakukan aksinya.

Ingin Aman Dari Pencurian? Amalkan Surat Al Isra
Surat Al Isra 110-111
Adapun selain terhindar dari pencurian, keutamaan surat Isra ayat 110-111 sangatlah banyak, mulai dari mendapatkan kewibawaan hingga menghilangkan kesusahan. Berikut penjelasannya

1. Mendapatkan Kemuliaan Dan Kemenangan

Dalam persaingan bisnis atau dalam perusahaan perlu adanya sebuah kewibawaan. Namun meski telah melakukan upaya ke arah sana, masih ada saja bawahan atau orang lain yang meremehkan. Dengan ayat Al Isra tersebut, kita akan lebih dimulyakan oleh yang Maha Mulya.

Dari Muadz bin Anas, Rasulullah bersabda, “Surat Al Isra ayat 111 adalah ayat untuk mendapatkan kemulyaan dan kemenangan.” (HR Ahmad dan Thabrani)

2. Menghilangkan Penyakit Dan Penderitaan Hidup

Keterangan yang menyatakan bahwa dengan membaca surat Al Isra dapat menyembuhkan penyakit sekaligus menghilangkan penderitaan hidup terdapat dalam hadist yang berasal dari Abu Hurairah.

Ia berkata, “Aku telah keluar bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, sedangkan beliau menggandeng tanganku. Kemudian beliau mendatangi seorang laki-laki yang sangat memprihatikan keadaannya. Lantas beliau bertanya kepadanya, “Wahai Fulan! Apa yang telah menyebabkan engkau dalam keadaan menderita seperti yang saya lihat sekarang ini?” Laki-laki itu kemudian menjawab, “Sakit..” Kemudian Nabi bersabda, “Maukah engkau saya ajari beberapa kalimat doa yang mana dengan doa tersebut, Allah akan menghilangkan sakit dan penderitaanmu? Ucapkanlah: “Aku bertawakal kepada Dzat Yang Maha Hidup, Yang Tidak Mati; kemudian bacalah surat Al Isra ayat 111.”

Selang beberapa waktu setelah kejadian itu Nabi menjumpai lagi laki-laki tersebut, sedangkan keadaannya sudah membaik. Maka Rasulullah bertanya kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?” laki-laki itu menjawab, “Saya tidak henti-hentinya mengucapkan kalimat yang engkau ajarkan kepadaku.” (HR Abu Ya’la dan Ibnu Sunni)

3. Menghilangkan Kesusahan

Surat dan ayat Al Quran begitu berkhasiat karena merupakan kalamullah yang seorang pun tidak mampu menandinginya. Selain terhindar dari pencurian, membaca surat Al Isra pun bisa menghilangkan kesusahan.

Dari Ismail bin Abu Fudaik, Rasulullah bersabda, “Tidaklah hatiku disusahkan oleh suatu urusan, kecuali Jibril langsung mendatangiku dalam bentuk sesosok manusia dan berkata, “Wahai Muhammad, ucapkanlah, ‘Aku bertawakal kepada Dzat yang Maha hidup dan yang tidak akan mati,’ kemudian ucapkanlah surat Al Isra ayat 111" (HR Ibnu Abi Dunya dan Baihaqi)

4. Selalu Terjaga Dalam Hidayah

Hidayah menjadi sebuah tambahan energi untuk selalu tetap dalam jalan yang benar. Karenanya rutinkanlah memohon untuk mendapatkan hidayah Allah dengan merutinkan membaca surat Al Isra ayat 110-111.

Abu Musa berkata, Rasulullah bersabda, “Barang siapa pada waktu pagi dan sore hari membaca surat Al Isra ayat 110-111, maka pada hari itu dan malamnya hatinya tidak akan mati.” (HR Ad Dailami)
Baca Juga: Ini Fadhilah Surat Al Hasyr ayat 21-24
Demikian beberapa manfaat atau fadhilah surat Al Isra selain terjaga dari pencurian. Semoga kita semua bisa mengamalkan ayat Al Quran tersebut. Aamiin