Begini Cara Melaksanakan Sholat Istikharah Yang Benar




Begini Cara Melaksanakan Sholat Istikharah Yang Benar │ Manusia akan selalu dihadapkan dengan beberapa pilihan dalam hidupnya. Hal itu tentu akan membuat kebingungan dan terkadang berakhir dengan penyakit stres. Padahal Allah telah memberikan jalan keluar yang terbaik dengan cara melakukan sholat istikharah. Sebuah solat dua rakaat yang tujuannya meminta petunjuk kepada Allah, baik tentang pekerjaan, jodoh ataupun masalah lainnya.

Telah banyak para ulama yang menjelaskan bagaimana sholat istikharah menjadi jalan keluar yang benar-benar ampuh dan harus ditempuh oleh setiap muslim yang mengaku beriman kepada Allah. Bahkan manfaat sholat ini pun telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Begini Cara Melaksanakan Sholat Istikharah Yang Benar

“Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah shalat sunat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah.” (HR Bukhari)

Adapun waktu untuk melaksanakannya, Allah telah memberikan kebebasan apakah mau melaksanakannya pada siang hari ataupun malam hari. Akan tetapi memang untuk lebih khusyuk, disarankan melakukannya pada malam hari atau bisa sepertiga malam yang terakhir dimana saat itu Allah tengah berada sangat dekat dengan hamba-hambaNya.

Lantas bagaimana cara ataupun tata cara dalam melaksanakan sholat istikharah tersebut?

Yang dilakukan pertama kali adalah melafadzkan niat dengan ucapan

Begini Cara Melaksanakan Sholat Istikharah

USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA yang artinya “Aku niat shalat sunah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Setelah itu bacalah sebagaimana biasanya yakni surat Al Fatihah dan disambung dengan surat Al Kafirun. Sementara rakaat yang kedua menggunakan surat Al Ikhlas. Untuk ruku, itidal dan sujud, tidak ada yang berubah sebagaimana shalat pada umumnya. Yang pasti lakukanlah setiap gerakan dalam shalat istikharah dengan penuh penghayatan dan kekhusyukan.

Doa Setelah Shalat Istikharah

Setelah melakukan shalat istikharah dua rakaat, duduklah sambil berdzikir seperti membaca istighfar, tasbih, tahmid, sholawat dan Al Fatihah sebanyak-banyaknya.

Setelah itu bacalah doa berikut

Cara Melaksanakan Sholat Istikharah Yang Benar

Dalam mengucapkan doa tersebut, tambahkanlah kegelisahan atau permohonan kita dengan menggunakan bahasa yang kita mengerti karena sesungguhnya Allah pun mengerti akan bahasa kita. Lakukan shalat ini berturut-turut, bisa 3 hari hingga 7 hari. Lakukan sampai Allah memutuskan apa yang terbaik bagi kita.

Jangan lupakan juga untuk melaksanakan sholat wajib sebagaimana biasanya karena sholat wajib pun akan membantu memecahkan permasalahan kita.

Wallahu A’lam