Ini 5 Kerugian Jika Kamu Punya Sifat Iri




Ini 5 Kerugian Jika Kamu Punya Sifat Iri │ Ketika rasa tidak enak melihat kesuksesan orang lain, entah itu bertambahnya harta, memiliki pasangan ataupun meningkatnya jabatan, boleh jadi dalam diri kita terdapat rasa iri hati. Rasa itu kian bertambah saat orang yang membuat kita iri semakin eksis dengan mengunggah kesuksesannya di media sosial.

Jika mau berkaca, kita pun sebenarnya sama dengan mereka yaitu senang mengunggah kesuksesan yang kita raih. Meski begitu, rasa iri hati memang bukanlah perkara mudah untuk dihilangkan, terlebih lagi jika kita tidak mampu menghasilkan yang lebih baik dari rival yang kita irikan.

Ini 5 Kerugian Jika Kamu Punya Sifat Iri

Namun jangan merasa bahwa sifat iri tidak membawa kerugian ataupun dampak buruk karena telah banyak bukti yang menyataka bahwa dengan memiliki sifat ini, seseorang akan mendapatkan kerugian yang bertubi-tubi.

Berikut adalah kerugian yang akan ditanggung oleh orang yang memiliki rasa iri ataupun dengki.

1. Akan Merenggangkan Hubungan Pertemanan Dengan Yang Membuat Kita Iri

Sifat ini akan membuat hati menjadi lebih sensitif dan terus berpikiran yang negatif sehingga lambat laun, perasaan kurang nyaman dengan teman akan mulai terasa dan akhirnya mampu merenggangkan hubungan silaturahmi tersebut.

2. Iri Mampu Menggerogoti Hati

Penyakit iri bukanlah penyakit yang bisa dilihat dan diraba. Penyakit ini pun tidak akan hilang meski telah melakukan operasi sehebat apapun. Namun ketika penyakit ini menjangkiti pelakunya, maka rasa sakit akan sangat terasa di hati. Tak ada obat fisik yang mampu menyembuhkannya, kecuali dirinya pribadi yang berani membuang sifat iri tersebut.

3. Iri Mampu Menutupi Kelebihan Yang Dimiliki

Sifat iri akan membuat fokus pikiran dan hati kita tertuju pada orang lain. Dengan kata lain kita menjadi lupa pada diri sendiri. karenanya segera hilangkan sifat membanding-bandingkan diri dengan yang lain. Yakinlah bahwa diri bisa jauh lebih baik tanpa harus disusupi dengan sifat iri.

4. Iri Jauhkan Kita Dari Syukur

Allah sangat senang dan mencintai kepada hambaNya yang senang bersyukur. Jika hati kita iri, maka hilanglah sudah rasa syukur atas apa yang dikaruniakan Allah. Kita jauh lebih sibuk dengan rezeki orang lain yang belum tentu sebaik rezeki Allah yang diberikan kepada kita.

5. Iri Menjadi Pemicu Stres

Iri membuat pikiran menjadi tidak fokus dan tenang dalam menjalani kehidupan. Akibatnya stres dan rasa tertekan melanda jiwa dan pikiran. Jika sudah begitu, maka fisik pun akan menjadi tidak sehat dan lengkaplah sudah penyakit lahir dan batin.

Dengan 5 kerugian tersebut, cukup kiranya bagi kita untuk segera membuang jauh penyakit iri terhadap kehidupan duniawi seseorang. Yang boleh hanyalah iri terhadap ibadah seseorang dan iri bagi mereka yang bersedekah dimana dampaknya adalah kita pun akan berusaha untuk lebih baik dari mereka.

Wallahu A’lam





close ini