5 Keutamaan Ini Akan Membuat Kita Lebih Rajin Shalat Subuh




KabarMakkah.Com – Salah satu waktu yang menjadi waktu ditetapkannya shalat wajib adalah waktu subuh. Selain memiliki suasana tersendiri, waktu subuh juga menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk mengharap rahmat sekaligus memanjatkan doa kepada Allah Sang Pemilik Kehidupan.

5 Keutamaan Ini Akan Membuat Kita Lebih Rajin Shalat Subuh
Shalat subuh berjamaah
Sungguh sebuah perjuangan untuk bisa menyingkapkan selimut yang membelenggu tubuh di tengah dinginnya cuaca. Perjuangan tersebut tidaklah sia-sia karena Allah telah berfirman:

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan senja hari dengan mengharap keridhaanNya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS Al Kahfi 28)

Fakta tentang keutamaan shalat subuh telah Rasulullah sabdakan dalam hadistnya dan dibagi menjadi beberapa keutamaan.

1. Mendapat Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh

Sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang shalat isya berjamaah maka seakan akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh.” (HR Muslim)

2. Mendapat Surga Yang Dijanjikan

Dari Abu Musa, bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.” (HR Bukhari).

Menurut beberapa ahli, dua waktu dingin yang dimaksudkan oleh Rasulullah adalah waktu subuh dan waktu ashar.

3. Menjadi Jalan Untuk Melihat Allah

Rasulullah menyatakan bahwa orang yang selalu menjaga shalat subuh dan asharnya akan bisa melihat Allah di surga nanti. Hadist lengkapnya adalah sebagai berikut.

“kami sedang duduk bersama Rasulullah, ketika melihat bulan purnama. Beliau kemudian berkata, “Sungguh kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah” (HR Bukhari Muslim)

4. Berada Dalam Naungan Allah

Sesungguhnya Rasulullah memberikan janji kepada umatnya yang rutin mengerjakan shalat subuh. Janjinya tersebut yaitu bahwa Allah akan melindungi hambaNya seharian penuh. Secara lengkap hadist yang Rasulullah ucapkan adalah sebagai berikut:

Dari abu Sufyan, bersabda Rasulullah, “Barang siapa yang menunaikan shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janjiNya. Barang siapa yang membunuh orang yang menunaikan shalat subuh, Allah akan menuntutnya sehingga ia akan membenamkan wajahnya ke dalam neraka.” (HR Muslim, At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

5. Mendapatkan Ampunan Allah

Pada akhirnya, shalat subuh mampu membuat diri yang hina ini mendapatkan ampunan dari Allah, sebagaimana yang telah Rasulullah sabdakan.

“Siapa saja yang duduk di masjid setelah melaksanakan dua rakaat shalat subuh sampai ia melaksanakan shalat dhuha, dan ia tidak berucap kecuali yang baik, maka dosa-dosanya akan diampuni Allah Subhanahu Wa Ta’ala walaupun dosa itu lebih banyak dari buih di lautan.” (HR Abu Dawud)

Subhanallah.. Betapa keutamaan menjalankan shalat subuh bisa membuat kita beruntung. Terlebih lagi jika melaksanakannya secara berjamaah. Akan lebih baik pula jika sebelumnya kita melaksanakan shalat malam atau tahajud agar semakin sempurnalah ibadah yang kita lakukan setiap harinya.
Baca juga : Keistimewaan Shalat Tahajud dan Keajaibannya
Karenanya mari kita lakukan dengan penuh kesungguhan agar Allah selalu menaungi kita baik di dunia maupun di akhirat.