Ternyata 8 Dosa Ini Bisa Menghalangi Datangnya Jodoh

Diposting pada

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menetapkan beberapa hal dalam hidup kita seperti maut, rezeki dan juga jodoh. Semua orang tidak dapat mengetahui semuanya secara pasti. Contohnya saja dalam hal jodoh dimana hubungan yang telah dijalin bertahun-tahun, kandas karena sebuah alasan yang terbilang sepele. Sebaliknya, dua orang yang bertempat tinggal sangat jauh, tiba-tiba dipertemukan dan akhirnya menjadi sepasang suami istri hingga maut memisahkan.

Dosa yang Menghalangi Jodoh

Memang dalam memilih jodoh ada yang mudah ada juga yang sulit. Namun sebenarnya selain kehendak Allah, ada juga peran kita dimana terdapat dosa yang menghalangi jodoh sehingga usia yang beranjak matang untuk menikah pun telah terlewati karena dosanya tersebut. Seperti apa dosa yang menghalangi seseorang untuk mendapatkan rezeki berupa pasangan tersebut? Perhatikan baik-baik

1. Berbuat Syirik

Perbuatan syirik merupakan perbuatan yang berdosa besar. Syirik artinya menyekutukan Allah dengan yang lainnya baik dalam hal illahiah maupun rububiyyah. Saat kita merasakan jodoh tak kunjung datang, bukannya berdoa dan beribadah kepada Allah, justru yang dilakukannya adalah pergi ke dukun, menanyakan kepada tukang ramal atau mengamalkan sesuatu yang tidak ada dalil Al Quran maupun Sunnah RasulNya. Dengan melakukan syirik, seseorang benar-benar tersesat dari jalan yang lurus.

Seharusnya yang dilakukan adalah mengoreksi diri sendiri yang berhubungan dengan masalah ibadah. Ingat kembali apakah shalat kita masih bolong dan malas dalam mengerjakannya. Jika hal tersebut memang benar, maka jangan menyalahkan Allah jika jodoh yang akan Allah berikan dilambat-lambatkan.

Perbaikilah hubungan dengan Allah berupa shalat tepat waktu dan lakukan ibadah lainnya yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Insyaallah jodoh yang terbaik akan segera Allah kirim.
Sebagai ladang ikhtiar, lakukan juga pencarian jodoh dengan cara yang Islami. Gunakan cara taaruf dan memilih pasangan dengan agama yang baik.

“Janganlah sekali-kali kamu diperdaya dunia dan diperdaya para penipu yang mengatasnamakan Allah” (QS Lukman 33)

Apabila memang orang yang berbuat syirik tersebut mendapatkan jodoh, maka jodoh yang didapatnya akan memiliki kepribadian serupa yaitu sama-sama berdosa syirik dan bukannya keberkahan atau kebahagiaan yang didapat, justru ketidaknyamanan dan pertengkaranlah yang akan terjadi.

Allah berfirman : “Musyrik laki-laki berjodoh dengan musyrik perempuan, laki-laki yang berperilaku buruk dengan perempuan yang berperilaku buruk juga” (QS An Nur 3 dan 26)

2. Melalaikan Perintah Shalat

Salah satu perintah yang diwajibkan pada manusia yang langsung Allah tugaskan kepada Nabi Muhammad SAW adalah shalat. Shalat merupakan ibadah umat Islam yang tidak boleh ditinggalkan sedikit pun. Dengan meninggalkan ataupun jarang melakukan shalat, memberikan efek bahwa Allah pun tidak akan cepat dalam merespon keinginan manusia tersebut dalam hal jodoh.

Selain meninggalkan shalat, kerap terjadi pula orang yang menunda-nunda shalat hingga sampai pada akhir waktu. Biasanya perilaku tersebut dikarenakan kesibukan dunia yang melenakan sehingga membuat orang lupa akan ibadah yang wajib. Jangan heran jika Allah tidak mengutamakan setiap doa-doa yang dipanjatkan orang tersebut termasuk salah satunya adalah jodoh.

“Maka kecelakaan bagi orang-orang yang shalat (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya” (QS Al Ma’un 4-5)

3. Melakukan Zina

Salah satu dosa keji yang dibenci oleh Allah adalah berzina. Dalam kisah Nabi Musa a.s pun terdapat penolakan taubat atas perempuan yang sebelumnya telah berzina. Dengan kata lain, melakukan perzinahan akan membuat hubungan manusia dengan Tuhannya menjadi rusak sehingga urusan jodoh pun akan terhalang karena dosa tersebut.

Pernahkah Anda melakukan dosa zina? Jujurlah !! Jika memang pernah melakukannya, lakukan segera taubat yang sesungguh-sungguhnya pada Allah dan mohon ampun atas dosa yang telah dilakukan. Dengan idzin dan sifat pengampunnya, Allah akan menerima taubat seseorang yang ikhlas dan tak mengulangi kesalahannya.

4. Dosa Yang Dilakukan Pada Kedua Orang Tua

Orang tua menjadi sebab hadirnya kita lahir dan hidup di dunia ini. Dengan melakukan dosa terhadap keduanya ataupun salah satu dari keduanya, maka Allah akan murka dan menutup segala sumber rezeki dimana jodoh pun termasuk di dalamnya. Ini karena keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.

Dalam Al Quran, seseorang yang mengatakan “ah” saja pada orang tuanya akan membuat Allah murka. Apalagi jika melakukan perbuatan dosa lainnya. Dengan kata lain, berdosa pada orang tua menjadi penyebab dari jauhnya jodoh yang menghampiri kita.

5. Memutuskan Hubungan Silaturahmi

Silaturahmi tak hanya memperpanjang umur manusia secara hakiki, namun silaturahmi juga akan mempermudah kita dalam mendapatkan rezeki berupa jodoh. Cobalah tengok kembali hubungan kita dengan sanak saudara. Apakah ada keluarga atau saudara kita yang tak pernah bertemu sama sekali? Ataupun terjadi perselisihan sehingga mengakibatkan hubungan persaudaraan menjadi renggang? Cobalah rekatkan kembali hubungan kekeluargaan tersebut karena Allah semata.

“Sesungguhnya orang mukmin itu bersaudara. Oleh karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri kalian di hadapan Allah agar kalian mendapatkan rahmat” (QS Al Hujurat 10)

6. Menggunjing Dan Mengadu Domba Manusia

Perbuatan yang kadang dirasa bukan seperti sebuah dosa yaitu menggunjing, ternyata dapat menghalangi seseorang dalam mendapatkan jodoh. Bahkan pergunjingan yang mengarah pada adu domba jauh lebih buruk dimana terjadi fitnah yang akan merugikan dirinya pula.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka adalah dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain dan jangan menggunjing satu lama lainnya. Adakah diantara kalian yang suka memakan daging bangkai saudaranya sendiri? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya” (QS Al Hujurat 12)

7. Memakan Makanan Yang Haram

Urusan di dunia ini tidak lepas dari namanya halal dan haram. Menggunakan barang atau memakan makanan yang haram dapat menjauhkan seseorang dari mendapatkan rezeki. Saat mendapatkan jodoh terasa sulit, cobalah intropeksi apakah selama ini makanan yang dimakan merupakan makanan dari hasil yang haram atau tidak? Untuk mereka yang kaya, cobalah cek apakah harta yang didapat sudah dibayarkan zakatnya? Itu karena zakat tersebut merupakan hak orang lain yang Allah titipkan kepada kita.

8. Berbuat Kikir

Kemudahan dalam mendapatkan jodoh bisa dilakukan dengan jalan bersedekah. Dengan enggan untuk bersedekah akan secara otomatis menghambat rezeki jodoh dari Allah SWT. Telah banyak kisah yang menjelaskan bagaimana jodoh dapat dijemput dengan jalan bersedekah.

Dengan mengetahui 8 dosa tersebut, kita disadarkan untuk berintropeksi dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Jodoh bukan hanya untuk urusan dunia saja, namun lebih jauh lagi menjadi pendamping yang akan menemani di dunia maupun di akhirat kelak.

Loading...