Baca 6 Doa Keramat Ini, Bisa Menahan dan Memindahkan Hujan! Simak Ulasannya

Baca 6 Doa Keramat Ini, Bisa Menahan dan Memindahkan Hujan! Simak Ulasannya

Baca 6 Doa Keramat Ini, Bisa Menahan dan Memindahkan Hujan! Simak Ulasannya



Jika Musim hujan tiba, seringkali kita merasa gelisah karena hujan. Karena terkadang kita merasa aktivitas kita menjadi terganggu karena hujan turun.  


Padahal, waktu hujan adalah salah satu waktu doa yang mustajab yakni doa akan semakin dikabulkan, maka dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: 


“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” 


Berikut 6 doa saat turun hujan sesuai dengan sunah Rasulullah SAW, diantaranya: 


1. Doa saat Mendung 


Biasanya sebelum hujan turun akan diawali dengan awan hitam dan mendung, dikesempatan saat awan hitam telah menutupi langit, maka kamu bisa membaca doa berikut ini! 


اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا أُرْسِلَ بِهِ 


Allahumma inna na’uzu bika min syarri ma ursila bihi. 


Artinya:" Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari keburukan yang Engkau datangkan bersamanya (mendung)." 


2. Doa Hujan Pertama 


Pada saat hujan pertama kali turun, ada baiknya kamu juga membaca doa untuk mengamalkan sunah Rasulullah SAW yakni membaca doa saat hujan turun pertama kali. 


Adapun doanya yaitu: 


اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً 


Allohumma shoyyiban nafi'an 


Artinya, "Ya Allah, (Jadikan hujan ini) hujan yang bermanfaat." (HR. Bukhari). 


3. Doa Turun Hujan Lebat 


Hujan lebat terkadang dapat menyebabkan banjir di Indonesia. Pada saat hujan turun lebat ada baiknya kita membaca doa yaitu: 


اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ 


Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari 


Artinya: 


“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari ) 


4. Doa Angin Kencang 


Seringkali ketika turun hujan juga disertai dengan angin yang kencang. Angin kencang dan hujan lebat inilah yang terkadang membuat sebagian besar orang merasa takut, alangkah baiknya jika kita membaca doa saat angin bertiup kencang, yaitu:


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ 


Allahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi.


Artinya: 


"Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan." (HR. Muslim) 


5. Doa Saat Ada Petir 


Bukan hanya angin kencang, hujan lebat juga tak jarang dibaerengi dengan suara petir yang cukup menakutkan, apalagi sambaran petir tersebut dapat mengakibatkan luka bakar yang parah dan seringkali mengakibatkan kematian. 


Agar senantiasa kita berada dalam lindungan Allah SWT, berikut doa saat mendengar petir! 


سبحان الذي يسبح الرعد بحمده والملائكة من خيفته 


Subhanalladzi yusabbihurro’du bihamdihi walmalaikatu min khifatihi 


Artinya: "Maha Suci Allah, petir dan malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena tunduk pada-Nya." 


6. Doa Hujan Berhenti 


Pada saat hujan berhenti, kamu juga dapat membaca doa sesuai dengan sunah Rasulullah SAW. 


Berikut doa ketika hujan berhenti! 


مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِه


“ Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah” (HR. Bukhari-Muslim). 


Wallahu a’lam bisshawab.

Next article Next Post
Previous article Previous Post