Pemulung yang Sekarang Jadi Viral itu Minta Dibelikan Kompresor Sama Risma

Pemulung yang Sekarang Jadi Viral itu Minta Dibelikan Kompresor Sama Risma

author photo
Pemulung yang Sekarang Jadi Viral itu Minta Dibelikan Kompresor Sama Risma



Nursaman, 60 tahun, pemulung yang diduga ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, pada Senin, 4 Januari lalu mengatakan tak sempat mengobrol dengan mantan Wali Kota Surabaya itu.


Menurut Nursaman, saat itu dirinya tengah tidur dan terbangun lantaran rombongan Risma lewat.


“Saya bangun tidur, bu Risma ngelongok. Terus jalan lagi,” kata Nursaman saat ditemui di Jalan Minangkabau Timur, Manggarai, Jakarta Selatan.


Nursaman mengatakan saat itu dirinya tak tahu kalau yang mendatanginya itu adalah Menteri Sosial. Ia baru tau setelah diberi tau oleh rekannya sesama pemulung. “Itu tuh yang baju putih Bu Risma,” ujar Nursaman menirukan perkataan rekannya.


Nursaman bercerita, saat itu dirinya tengah berkeliling dari Manggarai, Kuningan, dan Sudirman-Thamrin untuk memulung. Sebenarny, Nursaman ingin sekali dapat berbincang dengan Risma.


Ia ingin minta dibelikan mesin kompresor angin. Nursaman berencana membuka usaha tambal ban di pinggir Kali Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan, dekat tempat dia tinggal.


“Kalau sempet ngobrol, saya ingin dibantu dibelikan mesin kompresor. Keterampilan saya kan tambal ban,” tutur dia. 


Saat itu, kata Nursaman, ia ingin menyusul Risma untuk mengutarakan permintaannya, namun takut karena banyak pengawal di sekitar politikus PDIP itu.


Nursaman memang pernah membuka usaha tambal ban tahun 1965 lalu di Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, dekat Taman Lapangan Banteng. 


Ia diajak oleh seorang bernama Jono, pria asal Semarang, untuk menjalani usaha tersebut.


Kini Nursaman sehari-hari bermata pencaharian sebagai pemulung. Setiap hari ia keliling Ibu Kota untuk mencari barang bekas yang bisa dijual kembali. 


Sudah dua tahun ke belakang dirinya tinggal di trotoar yang menempel dengan Kali Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan.


Media melihat lokasi tempat Nursaman tinggal. Di sana terdapat sejumlah barang bekas yang ia kumpulkan. 


Nursaman mengatakan biasa tidur beralaskan plasti dan kardus bekas di sana. Jika hujan turun, ia tidur di halaman toko penjual furnitur, sekitar 5 meter dari bibir kali.


Nursaman mengatakan tak berminat jika diajak pindah ke Balai Penampungan Sementara Kementerian Sosial di Bekasi, Jawa Barat.


Pria asal Indramayu itu lebih memilih untuk membuka usaha tambal ban. “Saya biasa di sini. Pengennya dikasih bantuan mesin kompresor, buka usaha tambal ban di dekat situ,” kata Nursaman. Ia menunjuk halte yang berada di depan pom bensin Jalan Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post