Tak Mau Kecolongan, Warga China Berbondong Masuk Indonesia Sebelum Tahun Baru

Tak Mau Kecolongan, Warga China Berbondong Masuk Indonesia Sebelum Tahun Baru

Tak Mau Kecolongan, Warga China Berbondong Masuk Indonesia Sebelum Tahun Baru



Ratusan warga negara China tiba di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa Malam kemarin. Sebagian warga China menggunakan APD.  


Satu persatu WNA diperiksa suhu tubuh serta dokumen kesehatan PCR. Ratusan warga negara China akan menjalani karantina usai keluar dari lingkungan Bandara.  


Jelang ditutupnya pintu masuk kedatangan WNA awal Januari. Terjadi peningkatan jumlah penumpang dari luar negeri. 


Dikatakan oleh Kepala Cabang Bandara Soekarno Hatta Agus Haryadi, Bahwa setiap harinya Indonesia menerima kedatangan sekitar 1500 - 2000 WNA dari China.


Simak videonya di bawah ini:




Sementara itu, Pemerintah Indonesia resmi melarang Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia mulai 1 Januari-14 Januari 2021. 


WNA dilarang masuk Indonesia menyusul kabar beredarnya mutasi baru Covid-19 di luar negeri.


WNA yang telah terjadwal tiba di Indonesia pada rentang 28 Desember-31 Desember 2020 diwajibkan mengikuti peraturan Satgas Covid-19 melalui SE Satgas Covid-19 nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal Dan Menyambut Tahun Baru 2021.


Pertama, WNA yang telah tiba di Indonesia diharuskan menunjukkan bukti negatif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan PCR yang berlaku selama 2x24 jam sebelum keberangkatan. Surat keterangan negatif Covid-19 ini harus dilaporkan saat pemeriksaan kesehatan di bandara.


Kedua, WNA setelah tiba di Indonesia wajib melakukan pemeriksaan ulang RT PCR dan melakukan karantina selama lima hari di tempat yang sudah disediakan pemerintah.


Usai melakukan karantina, WNA masih harus melakukan pemeriksaan RT PCR kembali, apabila hasilnya negatif maka diperkenankan meneruskan perjalanan di Indonesia.

Next article Next Post
Previous article Previous Post