Raja Salman Mendesak Dunia Untuk Mengambil Sikap 'Tegas' Terhadap Iran

Raja Salman Mendesak Dunia Untuk Mengambil Sikap 'Tegas' Terhadap Iran

author photo
Raja Salman Mendesak Dunia Untuk Mengambil Sikap 'Tegas' Terhadap Iran



Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz mendesak dunia pada hari Kamis untuk mengambil “sikap yang menentukan” untuk mengatasi upaya Iran untuk mengembangkan program rudal balistik dan nuklir, dalam pidato tahunan kepada badan penasihat pemerintah tertinggi. 


Kerajaan itu menekankan bahaya proyek regional Iran, campur tangannya di negara lain, pengembangan terorisme, mengipasi api sektarianisme dan seruan untuk sikap tegas dari komunitas internasional terhadap Iran yang menjamin penanganan drastis dari upayanya untuk memperoleh senjata pemusnah massal dan mengembangkan program rudal balistiknya, “kata raja. 


Itu adalah pidato publik pertama penguasa berusia 84 tahun itu sejak dia berpidato di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada September melalui videolink, di mana dia juga membidik Iran. Muslim Sunni Arab Saudi dan Syiah Iran terkunci dalam perjuangan selama puluhan tahun untuk mendapatkan pengaruh di seluruh wilayah, mendukung pihak yang berlawanan dalam konflik dari Suriah hingga Yaman. 


Tidak ada reaksi langsung dari Iran atas pernyataan raja tersebut. Teheran sebelumnya menggambarkan pernyataan Saudi yang menentangnya sebagai “tuduhan tidak berdasar” dan membantah mempersenjatai kelompok di Timur Tengah. 


Kantor berita negara SPA menerbitkan transkrip lengkap pidato raja setelah tengah malam. TV pemerintah memuat foto-foto dari apa yang tampak seperti raja yang secara virtual berbicara kepada anggota dewan dari istananya di Neom. 


Raja Salman dirawat di rumah sakit selama beberapa hari selama musim panas, menderita radang kandung empedu yang harus dioperasi. 


Ketegangan meningkat di kawasan itu sejak Presiden AS Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir penting dengan kekuatan dunia pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi ekonomi yang ketat terhadap Republik Islam tersebut.   

Next article Next Post
Previous article Previous Post