Jawa Tengah Jadi Tuan Rumah Wabah Covid-19, Begini Tanggapan Ganjar

Jawa Tengah Jadi Tuan Rumah Wabah Covid-19, Begini Tanggapan Ganjar

 

Jawa Tengah Jadi Tuan Rumah Wabah Covid-19, Begini Tanggapan Ganjar


Wabah virus Corona di Indonesia dikabarkan sedang memburuk dalam minggu ini. 


Karena itu, pemerintah terus berupaya agar tingkat penyebaran virus Corona di Indonesia dapat dikurangi, bahkan di hilangkan. 


Membahas terkait wabah virus Corona, Provinsi Jawa Tengan (Jateng) dikabarkan menjadi pusat dari kasus Covid-19 dengan angka terbesar di Indonesia. 


Fakta tersebut membuat Jawa Tengah menjadi 'pemimpin' dari jumlah pertambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia. 


Tercatat pada hari Minggu, 29 November 2020 saja jumlah kasus baru dari wabah virus Corona tembus hingga angka 2.036 kasus. 


Angka 2.036 tersebut membuat Provinsi Jawa Tengah mendapatkan rekor baru soal pertambahan kasus positif harian virus Corona. 


Jumlah kasus sebanyak itu juga membuat Provinsi Jateng dikonfirmasi memiliki kasus positif virus Corona sebanyak 54.997 penderita. 


Namun pada hari yang sama, di Provinsi Jateng juga dilaporkan terdapat 760 kasus kesembuhan, yang mana totalnya mencapai 38.281 orang. 


Sedangkan untuk kasus virus Corona berujung kematian, Provinsi Jateng sendiri tembus hingga angka 73 kasus, yang mana totalnya mencapai 2.340 orang. 


Semua data tersebut membuat Jateng memiliki jumlah kasus aktif Covid-19 sebanyak 14.376 orang, dan sekaligus merupakan yang tertinggi di Indonesia.


Tanggapan Ganjar


Terkait peningkatan kasus Covid-19 di Jateng, Ganjar meminta seluruh elemen masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 


Pemprov Jateng juga gencar melakukan tes Covid-19 hingga melebihi target yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 


"Semua harus disiplin. Testing tidak boleh berhenti," katanya. 


Menurutnya, edukasi terkait penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat perlu ditingkatkan dengan melibatkan segenap tokoh masyarakat dan tokoh agama di setiap daerah. 


"Edukasi soal prokes makin ditingkatkan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama serta elemen masyarakat," tuturnya. 


Sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus Covid.19, Ganjar memastikan penambahan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU di seluruh rumah sakit di Jateng. 


Ganjar juga meminta kepada seluruh kepala daerah tidak panik terkait peningkatan kasus Covid-19 tersebut. 


Ia menyarankan kepala daerah menggunakan alternatif lain seperti kamar hotel sebagai pusat isolasi jika rumah sakit penuh. 


Ganjar juga meminta kegiatan yang berpotensi menciptakan kerumunan ditunda untuk sementara waktu. 


Kegiatan itu, kata dia, juga bisa digelar secara virtual. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post