Beruntunglah Bagi Mereka yang Tak Pernah Lewatkan Baca Alquran, Berikut Keutamaannya

Beruntunglah Bagi Mereka yang Tak Pernah Lewatkan Baca Alquran, Berikut Keutamaannya

author photo

 

Beruntunglah Bagi Mereka yang Tak Pernah Lewatkan Baca Alquran, Berikut Keutamaannya


Membaca Alquran banyak sekali keutamaan serta kemuliaan bagi mereka yang tak pernah melewatkan untuk membacanya. 


Dikala sibuk dengan dunia kerap menjadikannya alasan, hingga tak mempunyai waktu untuk membuka dan membaca kitab suci Alquran. 


Alquran merupakan kalamullah, firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ia adalah pedoman dan petunjuk umat Islam dalam menjalani hidup di dunia dan akhirat. 


Dikutip Kabarmakkah.com dari sebuah hadits riwayat Abu Umamah Al Bahily radhiallahu 'anhu, ia berkata: "Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Alquran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at kepada orang yang membacanya." (HR. Muslim). 


Tak hanya sebagai pemberi syafa'at pada hari kiamat, bagi mereka yang membaca Alquran, akan mambelanya di hari kiamat kelak. 


Dari sahabat An-Nawwas bin Sam'an Al-Kilabi radhiallahu 'anhu berkata: "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Akan didatangkan Alquranpada hari kiamat kelak dan orang yang rajin membacanya dan senantiasa rajin beramal dengannya, yang paling depan adalah surah Al-Baqarah dan surah Ali 'Imran, keduanya akan membela orang-orang yang rajin membacanya." (HR. Muslim 805). 


Disampaikan juga oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, dari Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)


Alquran juga merupakan sebaik-baik ilmu, segala ilmu bersumber dari Alquran, maka keutamaan belajar membaca Alquran sangatlah besar. 


Lantas bagaimana jika bagi mereka yang membaca Alquran, namun masih terbata-bata dalam bacaannya? 


Sebagaimana disampaikan oleh istri Rasulullah SAW Aisyah Radhiyallahu 'anha, ia menyampaikan dalam sebuah hadist berikut ini. 


Aisyah Radhiyallahu 'anha berkata: "Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang membaca Alquran dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Alquran dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka mereka akan mendapatkan dua ganjaran." (HR. Muslim). 


Allah SWT menjanjikan bagi mereka yang terbata-bata dalam membaca Alquran ia akan mendapatkan dua ganjaran. 


Itulah keutamaan bagi mereka yang menyempatkan waktunya untuk membaca kalamullah atau kitab suci Alquran, semoga senantiasa selalu diberikan kemudahan serta perlindungan oleh Allah SWT.** 

Next article Next Post
Previous article Previous Post