Mulai Sekarang, Kemenag Akan Pasok Materi Khutbah Jumat

Mulai Sekarang, Kemenag Akan Pasok Materi Khutbah Jumat

author photo
Mulai Sekarang, Kemenag Akan Pasok Materi Khutbah Jumat



Kementerian Agama, pada Selasa (20/10/2020) mengatakan akan memasok materi khutbah Jumat sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama/khatib. 


Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam webinar, mengatakan pada masa kini diperlukan materi khutbah yang berwawasan sesuai perkembangan zaman.      


"Saat ini diperlukan materi khutbah Salat Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman," kata dia seperti dilansir dari Antara. 


Kemenag, lanjutnya, akan menyediakan literasi digital yang mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama yang mengakses masyarakat, diantaranya melalui para khatib Jumat. 


Selama ini Kemenag telah menyiapkan naskah khutbah Jumat gratis, termasuk naskah yang khusus untuk disampaikan kepada generasi milenial sebagai bagian penting dari struktur sosial saat ini.


Bahan-bahan khutbah Jumat bisa diakses secara digital oleh masyarakat. 


"Bahan-bahan khutbah Jumat dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id/ link ini menyediakan naskah khutbah yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat," katanya.


Menurut dia, Kemenag berupaya menjalankan program-program yang tujuannya untuk mempromosikan moderasi beragama. 


Selain penyediaan materi khutbah, kata dia, Kemenag juga melakukan pembaruan buku-buku ajar, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan, pembentukan Pokja Moderasi Beragama serta penyusunan buku Moderasi Beragama.     


Amin mengatakan program-program itu, termasuk penyediaan materi khotbah Jumat merupakan bagian dari meningkatkan intensitas penyelesaian konflik intraumat beragama melalui konten-konten yang menyejukkan dan berwawasan Islam moderat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post