Berduka atas Wafatnya Syekh Adnan, Anies Minta Umat Islam Doakan Almarhum 'Semoga Syahid, Aamiin'

Berduka atas Wafatnya Syekh Adnan, Anies Minta Umat Islam Doakan Almarhum 'Semoga Syahid, Aamiin'

 

Berduka atas Wafatnya Syekh Adnan, Anies Minta Umat Islam Doakan Almarhum 'Semoga Syahid, Aamiin'


Dunia Islam kembali berduka atas meninggalnya Mufti Damaskus Suriah, Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut meninggalnya beliau membawa duka mendalam bagi seluruh umat Islam.


"Pagi ini kabar duka itu datang. Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni berpulang ke Rahmatullah. Mufti Agung Damaskus itu wafat setelah luka parah akibat bom di mobilnya. Dini hari yang kelam di Damaskus. Duka mendalam bagi semua," tulis Anies Baswedan dalam akun pribadi Instagram, Jumat (23/10).


Dalam unggahan tersebut, Anies juga menyebut jika almarhum pernah ke Indonesia dan menyempatkan silaturahmi ke Balai Kota DKI Jakarta. 


Dalam pertemuan tersebut, keduanya melakukan diskusi panjang.


Keduanya membahas persoalan seputar umat dan kemanusiaan dunia. 


Setelahnya, Anies merasa beliau adalah seorang alim yang amat bijak.


"Ilmunya dalam, cakrawala berpikirnya luar biasa luas dan pandangan-pandangannya meneduhkan. Pertemuan yang amat mengesankan," lanjutnya.


Pertemuan istimewa itu berbarengan dengan hari Jumat. Beliau bersedia menjadi Khatib sholat Jumat di Balaikota. Di hari Jumat pula, ternyata almarhum pulang lebih dulu ke Rahmatullah. 


Anies Baswedan lantas meminta seluruh umat Islam untuk mendoakan beliau. Semoga sosoknya dimuliakan di sisi Allah SWT.


"Doakan Allahyarham syahid, dimuliakan di sisiNya. Dan, pada jamaah sholat Jumat dimanapun, mari kita tegakkan sholat ghaib utk Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni," kata Anies.


Ia juga menyebut di Masjid Balai Kota, tempat beliau pernah memberikan khotbah Jumat, akan dikirimkan doa dan ditegakkan shalat ghaib baginya.


Diberitakan sebelumnya, Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni yang menjabat sebagai Mufti Agung Damaskus, wafat syahid. Mobil yang dikendarainya meledak akibat bom yang dipasang di kendaraannya itu, Kamis (22/10).


"Syekh Adnan Al-Afyouni mufti dari Damaskus dan daerah pinggirannya, menjadi martir setelah teroris membom mobilnya di kota Qudsaya, Damaskus," demikian laporan dari Kantor Berita Resmi Suriah, Syrian Arab News Agency (SANA).


Laporan tersebut tidak menjelaskan rinci detail kelompok mana yang bertanggungjawab atas pembunuhan keji tersebut.

Next article Next Post
Previous article Previous Post