Lulus Jadi Sarjana, Gadis Yatim Piatu Ini Bagikan Keajaiban Shalat Dhuha dan Surah Al-Waqiah

Lulus Jadi Sarjana, Gadis Yatim Piatu Ini Bagikan Keajaiban Shalat Dhuha dan Surah Al-Waqiah

author photo
Lulus Jadi Sarjana, Gadis Yatim Piatu Ini Bagikan Keajaiban Shalat Dhuha dan Surah Al-Waqiah


Nurwahyuni Cole (23 tahun), mahasiswi Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin jadi perbincangan. Setelah fotonya bersimpuh di makam orang tua dengan seragam wisuda viral di media sosial.

Uni sapaan Nurwahyuni menceritakan perjalanan hidupnya hingga bisa mendaftar kuliah dan akhirnya bergelar sarjana.

“Masyaallah Kak. Kekuatan dari Shalat dhuha dan Surah Al Waqiah. Selalu saja diberi pertolongan Allah,” kata Uni, Ahad (27/9/2020).

Usaha Uni untuk menempuh pendidikan sampai ke jenjang universitas tidak mudah. Hal ini karena Uni tidak mempunyai lagi orangtua, Uni adalah anak yatim piatu. Dia bahkan tidak percaya mampu melewati semua proses menyelesaikan kuliah.

Waktu pertama kali harus bayar SPP, Uni hanya mengantongi uang Rp 500 ribu. Uni berharap bisa masuk mahasiswa kategori 1.

Ternyata, pengumuman menyebut Uni masuk dalam kategori 3. Jadi harus membayar SPP sebanyak Rp 1.100.000.

“Saya sudah putus asa. Tidak bisa kuliah. Tiba-tiba ada orang baik yang mau bantu saya. Tambah uang SPP. Hari itu hari terakhir pembayaran SPP,” ungkap Uni.

Selama kuliah, jika uangnya menipis, Uni harus puasa. Agar tetap bisa membayar sewa angkutan pete-pete ke kampus. Jika tidak punya uang, terpaksa jalan kaki dari rumah ke kampus.

“Alhamdulillah nanti dapat rejeki dari orang lain,” katanya.

Beberapa keajaiban yang dirasakan Uni, diyakini berkat selalu melaksanakan ibadah Shalat dhuha dan mengamalkan surat Al-Waqiah.

“Alhamdulillah banyak hal-hal baik yang menghampiri saya. Banyak orang-orang baik. Saya tidak bisa bilang satu per satu,” katanya.

Setelah wisuda 21 September 2020, Uni mengunjungi makam orang tuanya. Memakai toga dan seragam wisuda, Uni memeluk nisan orang tuanya. Momen ini pun direkam oleh sepupu Uni yang ikut menemani.

Keterbatasan ekonomi membuat Uni yang tinggal di Desa Lempangang, Kabupaten Gowa bersama kakaknya harus bekerja keras. Tidak hanya untuk biaya kuliah, tapi juga mencari uang untuk makan.

Untuk itu, Uni mengaku tidak malu mengumpulkan kardus bekas untuk dijual. Uangnya disimpan untuk biaya kuliah.

Oleh keluarganya, awalnya Uni tidak didukung untuk melanjutkan kuliah. Bahkan Uni diminta segera menikah. Sebagai jalan keluar dari permasalahan ekonomi.

“Tapi saya berpikir itu bukan satu-satunya jalan. Kupilih jalan ku sendiri. Saya mengambil keputusan untuk kuliah,” kata Uni.

Uni mengaku kuliah dengan modal keyakinan dan kemauan. “Saya memang tidak punya orang tua. Tapi saya masih punya Allah,” katanya.

Uni mengaku sudah bekerja keras sejak sekolah dasar. Bekerja di toko. Membantu pemilik toko membungkus gula pasir. Untuk mendapatkan uang.

Ayah Uni meninggal saat dirinya duduk di kelas 3 SD. Kemudian waktu Kelas 2 SMA, giliran Ibunya yang meninggal.

Setelah kisah dan fotonya viral, Uni mendapatkan banyak tawaran. Sejumlah orang menawarkan beasiswa untuk melanjutkan studi. Ada juga yang menawarkan pekerjaan kepada Uni.

“Alhamdulillah banyak hal-hal baik yang menghampiri saya. Kalau bisa kuliah sambil kerja,” katanya.

Melalui akun instagramnya @unii_nurwhynii, Uni mencurahkan isi hatinya. Setelah berhasil berjuang menjadi sarjana.

Berikut postingannya yang membuat haru:

Senin, 24 Agustus 2020.

Alhamdulillah S.Hum

Menikah menurut mereka adalah jalan keluar untuk saya pada saat itu, tapi saya berpikir itu bukan satu2nya jlan, maka kupilih jalanku sendiri.

Saya mengambil keputusan untuk kuliah, yah walaupun sempat nganggur setahun dan keputusanku itu tidak direstui oleh mereka, yah saya tau alasan mereka apa.

Saya kuliah hanya bermodalkan keyakinan dan kemauan. Saya memang tdak punya orangtua, tapi sya masih punya Allah

MasyaAllah untuk semua perjuangan, usaha, kerja keras, dan doa. Dan Alhamdulillah untuk pencapaian sampai dititik ini.

Terima kasih untuk jiwa yg kuat selama ini. Wajah yg selalu tersenyum dibalik banyaknya masalah yg datang, kaki yg selalu siap jalan kaki, dari ujung jlan A sampai ujung jalan Z, terimah kasih krna tdak pernah lelah.

Terima kasih Tuhan, Saya memang tak seberuntung mereka tapi saya beruntung diberi jiwa yg kuat darimu.

Terima kasih Alm Bapak dan Almrh Mama, saya bangga menjadi anak kalian, walau kalian berdua tidak ada disampingku melihat perjuanganku selama ini, tapi saya sudah membuktikan pada kalian bahwa anak perempuan mu ini bisa.

Saya juga bisa sampai ditahap ini berkat campur tangan dri orang-orang baik di sekelilingku. Terima kasih banyak dariku.

Seorang anak yg tidak punya orangtua yang selama ini orang lain katakan padaku bisa membuktikan, bahwa “Anak yatim piatu” sepertiku bisa menyelesaikan kuliahnya.

Sarjana dan Ipk memang tidak menjamin kesuksesan, tetapi semua itu memiliki peluang untuk mendapatkan kesuksesan. Tiap orang memiliki keberuntungannya masing2. Dan saya percaya itu

Selama ada kemauan dan dibarengi dengan usaha dan doa, yakin saja pertolongan Allah akan datang.

Yakin bahwa “orang yg berikhtiar akan mendapatkan jalan yg terang”

#ThePowerOf Dhuha
#ThePowerOf Qs. Al Waqiah
Next article Next Post
Previous article Previous Post