Innalillahi, 3 Pemuda Palestina Meninggal Dunia Usai Diberondong Peluru Tentara Israel

Innalillahi, 3 Pemuda Palestina Meninggal Dunia Usai Diberondong Peluru Tentara Israel

Innalillahi, 3 Pemuda Palestina Meninggal Dunia Usai Diberondong Peluru Tentara Israel


Insiden kekerasan yang melibatkan tentara Israel kembali terjadi di perbatasan antara Palestina dan Israel. Angkatan Bersenjata Israel (IDF) dikabarkan telah memberondong tiga orang pemuda Palestina di jalan raya pemukiman Yahudi Tepi Barat Palestina.

Seorang pejabat kesehatan kota Palestina mengatakan, seorang pemuda Palestina yang bernama Mohammad Damer Hamdan (16 tahun) ditemukan tewas bersimbah luka akibat peluru tajam pasukan Israel.

Selain itu, pejabat kesehatan Palestina itu juga mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi dua orang pemuda lainnya yang terluka parah akibat diberondong peluru oleh pasukan Yahudi itu.

Kepala Desa atau Dewan Lokal tempat tinggal Hamdan, Imad Zahran menyatakan, insiden penembakan yang dialami oleh Ahmad Hamdan serta dua orang temannya itu terjadi di dekat jalan raya yang biasa digunakan oleh pemukim Yahudi.

Penembakan tiga orang pemuda Palestina itu juga dibenarkan oleh Juru bicara militer Israel. Hanya saja, juru bicara militer Israel itu berdalih ketiga pemuda Palestina itu ditembak setelah tentara Israel melihat mereka membawa bahan yang mudah terbakar dan menyiapkan ban yang rencananya mereka bakar untuk menyerang kendaraan Israel yang melintas di jalan sekitar pemukiman Yahudi Tepi Barat itu.

"Penembakan itu terjadi di tempat di mana serangan serupa terhadap kendaraan Israel telah dilakukan di masa lalu," kata juru bicara militer Israel dikutip VIVA Militer dari Reuters, Jum'at, 21 Agustus 2020.

Ia menuding tiga pemuda Palestina itu merupakan teroris Hamas yang kerap menebarkan ancaman terhadap warga Israel di Tepi Barat Palestina.

Sebagaimana diketahui, warga Palestina menganggap pemukiman Yahudi yang dibangun oleh Israel di Tepi Barat Gaza merupakan bangunan ilegal.

Mereka telah menolak rencana pencaplokan Tepi Barat Gaza yang telah direncanakan oleh Israel selama ini.

Konflik perebutan Tepi Barat Jalur Gaza itu pun berlangsung sejak lama, konon katanya Israel telah merebut Tepi Barat Gaza dalam Perang Timur Tengah tahun 1967 silam.

Sementara Palestina menganggap Jalur Gaza dan Yarussalem Timur merupakan wilayah kedaulatan Palestina.
Next article Next Post
Previous article Previous Post