HUT Indonesia, Diktator Korea Utara Beri Ucapan Selamat Ke Jokowi

HUT Indonesia, Diktator Korea Utara Beri Ucapan Selamat Ke Jokowi

HUT Indonesia, Diktator Korea Utara Beri Ucapan Selamat Ke Jokowi


Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) yang dikenal publik sebagai diktator, Kim Jong Un mengirimkan pesan ucapan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Korut, Senin (17/8/2020), Kim mengungkapkan ucapan selamat yang hangat kepada Jokowi dan rakyat Indonesia.

Selain mengucapkan selamat atas hari ulang tahun (HUT) ke-75 Indonesia, Kim juga memuji kemajuan Indonesia dalam mengembangkan perekonomian dan kebudayaan nasional.

“Serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang ditinggikan,” kata Kim, dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Korut.

Melalui pesannya, Kim turut mengekspresikan keyakinannya atas persahabatan dan kerja sama yang terus terjaga antara Korut dan Indonesia sesuai dengan tuntutan zaman.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo kembali mengenakan baju adat dalam upacara pengibaran bendera memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Kali ini, Presiden Jokowi memilih menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT). Presiden Jokowi mengenakan kain motif kaif berantai nunkolo.

Motif sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berartì sumber air.

Sementara, bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok.

Warna merah pada kain melambangkan keberanian laki-laki nunkolo.

Presiden Jokowi juga mengenakan ester (ikat kepala) berbentuk dua tanduk kecil yang memiliki arti raja yang melindungi.

Ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran raja sebagai mahkota.

Next article Next Post
Previous article Previous Post