Pengantin Wanita Hanya Minta Mahar Rp 500, Penghulu Sampai Geleng-geleng Kepala

Pengantin Wanita Hanya Minta Mahar Rp 500, Penghulu Sampai Geleng-geleng Kepala

Pengantin Wanita Hanya Minta Mahar Rp 500, Penghulu Sampai Geleng-geleng Kepala


Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh pihak mempelai pria sebelum menikah adalah urusan mahar atau mas kawin.

Mahar pernikahan dapat diberikan dalam berbagai macam bentuk.

Normalnya, mahar yang diberikan dapat berwujud uang, emas, alqur'an hingga seperangkat alat sholat.

Belum lama ini, kisah seorang penghulu yang tersentuh karena melihat mahar dari mempelai pria menjadi viral di media sosial.

Bukan karena mahal atau mewah, rupanya pihak pengantin perempuan meminta mahar mas kawin sebesar Rp500 saja.

Penghulu yang diketahui bernama Arya Saun Jaya itu sampai geleng-geleng kepala dengan permintaan dari pengantin wanita tersebut.

"Unik, mungkin dari jutaan wanita baru dia yang mahar mas kawinnya minta 500 rupiah pada pernikahannya...," tulisnya di akun fecebooknya belum lama ini.

Arya mengaku sudah lama menjadi penghulu, namun baru kali ini ia melihat mahar yang menurutnya absurd.

"Dan selama 5 tahun lebih saya jadi penghulu baru sekali ini saya menikahkan pasangan dengan maskawinnya hanya 500 rupiah," ujar Arya.

Dalam postingan itu, Arya menunjukkan foto kedua mempelai. Si pengantin pria memakai baju muslim dan kupluk warna merah.

Sementara pengantin wanita memakai cadar dan baju gamis warna hitam yang tertutup hingga telapak tangannya. Kedua pengantin terlihat memegang sebuah uang koin pecahan Rp 500 berwarna abu-abu.

Kendati demikian, Arya menilai bahwa pernikahan ini adalah contoh yang baik lantaran dinilai tidak memberatkan calon pengantin pria.

"Semoga ini buat contoh yang baik buat para wanita, agar tidak pernah memberatkan calon suaminya dalam hal mahar. NB: Dari hampir ribuan pasang yang menikah lewat majelis ta'aruf baru pengantin ini yang maharnya paling murah," ucap Arya.

Dalam unggahan berikutnya, Arya mengaku postingan soal pernikahan dengan mahar Rp 500 ini telah menjadi heboh. Ia pun banyak dimintai keterangan oleh beberapa media.

Berdasarkan penjelasannya, pernikahan dengan maskawin sebutir uang koin pecahan Rp 500 itu sah karena permintaan dari calon pengantin sendiri.

"Sudah banyak wartawan bertanya kepada saya apakah sah pernikahan dengan Rp 500 maharnya? Jawabannya adalah sah karena itu permintaan daripada calon mempelai wanita," kata Arya melalui video yang diunggah pada Kamis (25/6/2020).

Setelah kabar pernikahan dengan mahar Rp 500 itu viral, publik justru menghina pengantin.

Rata-rata warganet merasa si mempelai pria tidak mampu. Bahkan ada netizen yang merendahkan pengantin wanita.

Menanggapi hal itu, Arya meminta publik untuk tidak lagi menghina pasangan pengantin baru ini.

"Saya harap untuk yang lain yang ikut membully. Bukan berarti itu lelakinya enggak mampu memberikan mahar lebih dari itu. Itu permintaan daripada wanitanya," kata Arya.

"Kalau ingin tahu jelasnya silahkan klarifikasi di sekretariat kami di Pondok Gede," imbuhnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post