Viral Foto Mirip Orang Gila Dianggap Wali Allah, Penampilannya Jadi Sorotan

Viral Foto Mirip Orang Gila Dianggap Wali Allah, Penampilannya Jadi Sorotan

author photo
Viral Foto Mirip Orang Gila Dianggap Wali Allah, Penampilannya Jadi Sorotan


Wali Allah atau Waliyullah merupakan gelar yang disematkan pada seorang ulama yang benar-benar bersih dari keduniaan, menurut ilmu bahasa Waliyullah berarti kekasih Allah.

Namun baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan foto seorang pria mirip orang gila yang disebut-sebut netizen merupakan seorang Wali Allah.

Di kampung halamannya, Desa Buker, Jrengik, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Pria tersebut akrab dipanggil KH. Mustofa.

Kesehariannya, ia suka bertelanjang dada dan hanya mengenakan sarung. Pria dari Desa Buker ini nampak dihormati oleh setiap santri yang melintas di depannya.

Viral Foto Mirip Orang Gila Dianggap Wali Allah, Penampilannya Jadi Sorotan


Dari unggahan di media sosial, beberapa orang bersalaman dan mencium tangannya sebagai ungkapan kehormatan.

Penampilannya begitu aneh. Siapa pun yang melintas bila tidak mengenalnya, akan mengira sebagai orang gila alias tidak waras.

Dia hanya mengenakan sarung dan tidak berpakaian. Apalagi dengan rambutnya yang acak-acakan, sembari menghisap rokok.

Dianggap Wali Allah


Sebagian besar netizen mengaitkan KH. Mustofa sebagai Wali Majdub. Tingkatan ‘wali’ yang paling rendah, melalui caranya yang terkesan unik.

Sebagian besar Wali Majdub memiliki keturunan langsung seorang tokoh agama, meninggalkan duniawi, dan berpenampilan seadanya.

Terdapat sebuah kisah teladan dari seorang Wali Majdub. Saat mengalami sakit borok, dia membiarkan ulat menggerogoti lukanya. Hal itu dianggap sebagai bentuk kasih sayang, karena itu memang lumrah makanan ulat. Terkesan aneh memang bagi sebagian orang.

Disamakan dengan Gus Jakfar


Sosok KH Mustofa banyak yang mengingatkan masyarakat pada nyentriknya Gus Jakfar. Seorang putra dari Kiai Saleh, pengasuh pesantren “Sabilul Muttaqin” di Pasuruan, Jawa Timur.

Viral Foto Mirip Orang Gila Dianggap Wali Allah, Penampilannya Jadi Sorotan


Dilansir dari Jadzab.com, sosok Gus Jakfar memang paling beda dan tidak sepandai saudara-saudaranya. Namun putra bungsu Kiai Saleh ini memiliki keistimewaan, hingga kerap dicari oleh pejabat tinggi.

Meski penampilannya seperti anak jalanan, namun setiap kalimat yang disampaikan Gus Jakfar kerap benar. Hingga menuai pujian, terkadang yang diucapkan mudah terkabul.

Reaksi Netizen


Melihat potret seorang pria yang yang disebut Kiai itu dengan penampilan yang nyentrik, tentu saja membuat heran netizen. Ada yang mengira tokoh sedang menyamar, cara guru merendah, dan sebagainya.

“Kirain Baim wong tadi,” tulis vinsmoke.v.

“Bukannya kebersihan adalah sebagian dr iman. Maaf bukan bermaksud mencela,” tulis ninahy275.

“Sudah sampe kitab kuning kayaknya nih orang,” tulis nha_haruko.

“Sudah tradisi ndoro kyai di jawa sudah melepaskan label-label keduniaan contohnya seperti beliau…,” tulis hands_zennit.

“Alhamdulillah Rasulullah dan para sahabat sehat jasmani dan rohani. Allah Ridha kepadanya. Alhamdulillah,” tulis ahyan_ikhwan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post