MUI Terbitkan Aturan Sholat Idul Fitri di Rumah, Begini Tata Caranya

MUI Terbitkan Aturan Sholat Idul Fitri di Rumah, Begini Tata Caranya

author photo
MUI Terbitkan Aturan Sholat Idul Fitri di Rumah, Begini Tata Caranya


Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa yang meminta masyarakat di kawasan pandemi Covid-19 untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah.

Fatwa MUI juga menjelaskan bagaimana ketentuan mengenai pelaksanaan Sholat tersebut.

Dalam fatwanya, MUI menyatakan Sholat Idul Fitri di rumah dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri.

“Sholat Idul Fitri yang dilaksanakan di rumah dapat dilakukan secara berjamaah dan dapat dilakukan secara sendiri,” seperti dikutip dari fatwa yang dikeluarkan Komisi Fatwa MUI, Rabu, 13 Mei 2020.

Komisi Fatwa MUI menyatakan Sholat berjamaah Idul Fitri di rumah, minimal diikuti oleh 4 orang. Satu orang menjadi imam dan 3 orang menjadi makmum.

Cara Sholat Idul Fitri berjamaah di rumah mengikuti tata cara Sholat sebagaimana dilakukan di masjid atau musala.

Sebelum Sholat, disunahkan memperbanyak membaca takbir, tahmid dan tasbih; Sholat dimulai dengan menyerukan ‘ash-shalatu jamiah’, tanpa azan dan iqamah; memulai dengan niat Sholat Idul Fitri; membaca takbiratul ihram; membaca Al-Fatihah; lalu dilanjutkan ruku, sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti Sholat Idul Fitri biasa dengan tujuh kali takbir.

Pada rakaat kedua, sebelum membaca Al Fatihah, disunahkan membaca takbir sebanyak 5 kali sambil mengangkat tangan; lalu membaca surat Al Fatihah diteruskan membaca surah pendek dari Al Quran. Selanjutnya ruku, sujud, hingga salam.

Setelah salam, disunahkan mendengarkan kutbah Idul Fitri oleh khatib. Namun, jika jumlah jemaah kurang dari empat atau tidak ada yang punya kemampuan berkutbah, maka Sholat Idul Fitri berjamaah boleh dilakukan tanpa ceramah.

Sedangkan kalau dilakukan secara sendiri, Sholat dimulai dengan membaca niat dan bacaan Sholat dilantunkan secara pelan. Tata cara pelaksanaan Sholat dilakukan sama seperti kaifiat Sholat Ied secara berjamaah, namun tidak ada khutbah.

Jika ingin mengetahui secara lebih terkait pelaksanaannya, silahkan klik Tata Cara dan Panduan Shalat Idul Fitri di Rumah baik Sendiri Maupun Berjamaah

Next article Next Post
Previous article Previous Post