Jokowi Yakin Minggu Depan Harga Gula dan Bawang Putih Turun

Jokowi Yakin Minggu Depan Harga Gula dan Bawang Putih Turun

author photo
Jokowi Yakin Minggu Depan Harga Gula dan Bawang Putih Turun


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini harga sembako atau komoditas pokok seperti gula pasir hingga bawang putih akan turun dalam beberapa pekan ke depan.

Hal itu disampaikannya saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai persiapan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H/2020 secara virtual, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Jokowi mengaku sudah mengecek pasokan yang dimiliki Perum Bulog hingga panen raya di beberapa wilayah mengenai beras, daging, telur ayam, gula pasir, terigu dan kebutuhan pokok lainnya.

"Masih berada dalam kondisi baik, sehingga mungkin gula, tadi Menteri Pertanian sudah menyampaikan bahwa minggu-minggu depan harga akan turun pada kondisi normal lagi Rp 12.500, Menteri Perdagangan juga menyampaikan kepada saya bahwa bawang juga sudah beberapa sudah masuk, dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini kembali ke harga normal Rp 20-Rp 30 ribu," kata Jokowi.

Mantan Gubernur Jakarta ini mengaku stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini menjadi prioritas seluruh pejabat negara.

Pasalnya, musim Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena virus corona (COVID-19).

"Hal yang perlu dapat perhatian kita bersama, yang pertama ini betul-betul dicek di lapangan ketersediaan bahan-bahan pokok," jelasnya.

Jokowi berharap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dapat memberikan sanksi kepada kepala daerah yang terbukti mengganggu arus distribusi sembako karena jalan-jalan di wilayahnya ditutup.

"Karena saya kemarin dapat laporan dari dua daerah urusan beras agak terganggu karena jalan yang tertutup. Tolong Pemda diberitahu mengenai hal ini," ungkapnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post