Jokowi Ingin Berdamai dengan Corona, JK: Kalau Dia Tak Mau Diajak Damai Bagaimana?

Jokowi Ingin Berdamai dengan Corona, JK: Kalau Dia Tak Mau Diajak Damai Bagaimana?

author photo
Jokowi Ingin Berdamai dengan Corona, JK: Kalau Dia Tak Mau Diajak Damai Bagaimana?


Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyebut virus Corona Covid-19 termasuk ke dalam kategori virus yang ganas karena akan menyerang siapapun tanpa terkecuali.

Karena itu menurutnya kurang pas apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk berdamai dengan Covid-19.

Mantan Wakil Presiden ini menuturkan, kata damai berarti ada kesepakatan dari kedua belah pihak.

Namun pada kenyataannya akan menyerang manusia tanpa pandang bulu.

Jusuf Kalla juga menyebut bahwa Corona merupakan virus yang ganas.

"Ini kan virus ganas dan tidak milih-milih siapa dan tidak bisa diajak berdamai, kalau berdamai itu kalau dua duanya ingin berdamai," kata JK dalam diskusi webinar Universitas Indonesia, Selasa (18/5/2020).

"Kalau kita hanya ingin damai tapi virusnya enggak, bagaimana?," tambahnya.

Oleh karena itu menurut JK, istilah hidup berdamai dengan Covid-19 yang disapaikan Presiden Jokowi kurang pas. Karena menurutnya prinsip berdamai itu harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Adapun cara lain untuk bisa membantu penanganan Covid-19 ialah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih bersih.

Seperti halnya lebih rajin mencuci tangan hingga tidak lupa untuk menggunakan masker.

"Tidak berarti kita berdamai, resikonya mati," pungkasnya.

Untuk diketahui, ajakan hidup berdamai dengan Covid-19 itu dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi mengatakan, nantinya, masyarakat di Indonesia bisa beraktivitas normal kembali namun harus menyesuaikan dan hidup berdampingan dengan covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan bahwa terdapat potensi bahwa virus ini tidak akan segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.

"Informasi terakhir dari WHO yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang. Artinya kita harus berdampingan hidup dengan Covid-19. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan Covid. Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman," kata Jokowi.
Next article Next Post
Previous article Previous Post