Pertama Kali dalam Sejarah! Pemerintah Terbitkan Surat Utang Terbesar dan Terlama: 50 Tahun

Pertama Kali dalam Sejarah! Pemerintah Terbitkan Surat Utang Terbesar dan Terlama: 50 Tahun

author photo
Pertama Kali dalam Sejarah! Pemerintah Terbitkan Surat Utang Terbesar dan Terlama: 50 Tahun


Pemerintah Indonesia mengumumkan penerbitan surat utang terbesar dan terlama yang pernah dikeluarkan dalam sejarah berdirinya Indonesia.

Di antara negara lainnya di Asia, Indonesia menjadi negara pertama yang menerbitkan surat utang tersebut.

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia akan menerbitkan Global Bond sebesar US$ 4,3 miliar dalam 3 bentuk surat berharga global yaitu Surat Berharga Negara (SBN) seri RI1030, RI 1050, dan RI0470.

Seri RI1030 memiliki tenor 10,5 tahun yang jatuh tempo pada 15 Oktober 2030 diterbitkan sebesar US$ 1,65 miliar dengan yield global sebesar 3,9%. Seri kedua yaitu RI1050 dengan tenor 30,5 tahun atau jatuh tempo 15 Oktober 2050. Nominal yang diterbitkan juga US$ 1,65 miliar dengan yield 4,25%.

Seri ketiga adalah RI0470 dengan tenor 50 tahun, jatuh tempo 15 April tahun 2070 sebesar US$ 1 miliar dengan tingkat yield 4,5%. Seri ini merupakan global bond pertama yang diterbitkan dengan tenor 50 tahun.

"SBN yang ketiga dan ini adalah series baru yang belum pernah diterbitkan sebelumnya adalah RI0470. Jatuh tempo atau tenornya 50 tahun yaitu 15 April tahun 2070 sebesar 1 miliar US dollar dengan tingkat yield 4,5%," jelas Sri Mulyani pekan lalu.

Penerbitan surat utang dengan tenor 50 tahun merupakan tenor terpanjang yang pernah dilakukan pemerintah Indonesia. Bahkan, dari Februari hingga Maret tidak ada satupun negara di Asia yang masuk ke global bond karena volatilitas dan gejolak yang besar.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengemukakan bahwa penerbitan global bonds ini dilakukan dalam rangka menjaga pembiayaan sekaligus menambah cadangan devisa Bank Indonesia.

Dia mengklaim, penerbitan global bonds ini merupakan capaian yang sangat positif di tengah turbulensi pasar keuangan global.

“Ini adalah penerbitan terbesar dalam sejarah penerbitan USD bonds oleh pemerintah Indonesia,” katanya.

Indonesia, lanjutnya, merupakan negara pertama di Asia yang menerbitkan sovereign bonds sejak pandemi Covid-19.

Sejak wabah virus korona diumumkan menjadi pandemi, sepanjang Februari-Maret belum ada satupun negara di Asia yang melakukan penerbitan global bonds.

“Penerbitan surat utang tenor 50 tahun yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Indonesia juga merupakan tenor terpanjang yang dilakukan pemerintah. Ini secara implisit menunjukkan kepercayaan investor terhadap track record dan kondisi ekonomi negara,” pungkasnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post