Ngapain Kartu Prakerja? Semua Ada di Youtube Ini & Gratis!

Ngapain Kartu Prakerja? Semua Ada di Youtube Ini & Gratis!

author photo
Ngapain Kartu Prakerja? Semua Ada di Youtube Ini & Gratis!


Demi mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 pemerintah mengeluarkan berbagai stimulus yang ditujukan bagi masyarakat.

Salah satu stimulus yang diluncurkan yakni kartu Prakerja untuk mengantisipasi PHK besar-besaran dengan meningkatkan keterampilan pekerja.

Nantinya setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3,55 juta, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat dipergunakan untuk membeli satu atau lebih pelatihan di mitra platform digital.

Bagi kalian yang tidak lolos saat pendaftaran Kartu Prakerja dan berharap mendapatkan manfaat tersebut untuk pengembangan diri tidak perlu khawatir karena banyak channel Youtube edukasi yang menyediakannya. Berikut 7 diantaranya ;


1. Editing Video


Channel Youtube bernama Daunnet Films - Anjas Maradita dengan jumlah subscriber yang telah mencapai 392 ribu ini menyediakan pelatihan terkait menyunting video dari berbagai tekhnik. Selain video, ada pula tips dan trik cara mengedit foto dan lain halnya.

2. Belajar Make Up


Bagi perempuan yang ingin mengasah keterampilan dalam hal merias wajah atau ingin menjadi make-up artist bisa belajar dan menonton video dari salah satu channel Youtube kecantikan seperti 'lindakayhz.video'. Youtube yang sudah memiliki 509 ribu subscriber ini banyak membuat video mengenai cara merias wajah.


3. Woodworking/Membuat Furniture


HobiKayu merupakan channel Youtube yang mempertontonkan banyak video mengenai bagaimana cara membua furniture dari bahan kayu serta trik atau beberapa masalah pembuatannya. Ini cocok untuk kalian yang ingin membuat usaha furniture berbahan dasar kayu.

4. Web Programming


Untuk belajar tentang programming memang tidak bisa dibilang mudah akan tetapi ada sarana untuk kalian dapat belajar untuk menjadi programmer handal di Youtube. Salah satunya channel Web Programming UNPAS memiliki banyak video pelatihan seperti membuat desain website dan lain sebagainya.


5. Belajar Masak


Dari sekian banyak channel Youtube bertemakan kuliner, 'Masak.Tv' merupakan Youtuber yang memberikan edukasi cara membuat beragam masakan beserta resep-resepnya. Bahkan sekitar 1.300 video masakan yang sudah ia upload di channel Youtubenya.

6. Belajar Menjahit


Kini belajar menjahit dapat kita saksikan melalui digital, channel Youtube bernama 'Belajar menjahit bersama Rajinrapi tailor' telah banyak mengupload video bagaimana cara menjahit dan membuat beragam pakaian baik itu yang modern maupun tradisioanal.

7. Belajar Elektro/Merakit Barang Elektronik


Bagi kalian yang menggeluti dibidang elektro dan elektronnika rasanya channel Youtube bernama Anak 'Agung Duwi Arsana' pantas menjadi tontonan anda. Pasalnya, konten yang dibahas oleh Youtuber dengan subscriber 640 ribu ini banyak sekali mengenai cara membuat atau merakit barang elektronik.
Next article Next Post
Previous article Previous Post