Kelabui Petugas, Jamaah Matikan Lampu Masjid saat Shalat Tarawih

Kelabui Petugas, Jamaah Matikan Lampu Masjid saat Shalat Tarawih

author photo
Kelabui Petugas, Jamaah Matikan Lampu Masjid saat Shalat Tarawih


Meski sudah ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), petugas masih menemukan banyak warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang masih melaksanakan shalat berjamaah di masjid, termasuk melaksanakan shalat tarawih di bulan Ramadan ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hingga Ahad (26/4/2020), merupakan hari ketiga PSBB di Makassar.

Pejabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan, pihaknya saat ini sedang berdiskusi mengenai sebagian besar masjid yang tetap menggelar salat tarawih berjamaah saat masa PSBB.

Dalam pembahasan tersebut, Iqbal Suhaeb turut melibatkan sejumlah pihak di antaranya Polrestabes Makassar, Kodim 1408/BS Makassar, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Berdasarkan data yang diterima pihaknya, sejumlah masjid masih tetap ngotot melaksanakan salat berjamaah di tengah pemberlakuan PSBB.

“Data yang kami terima berbeda-beda, tapi jumlahnya ratusan,” kata Iqbal Suhaeb kepada awak media, Ahad (26/4/2020).

Bahkan, kata Iqbal, beberapa masjid mencoba mengelabui petugas dengan sengaja mematikan lampu di masjid tersebut.

“Ada masjid yang sengaja mematikan lampu, seolah-olah tidak ada kegiatan. Tapi mereka melakukan salat berjamaah dan salat tarawih,” ungkap Iqbal.

Menurut dia, Pemkot Makassar saat ini telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian mengenai banyaknya pelanggaran selama PSBB.

“Nantinya, pengurus masjid yang melanggar aturan PSBB akan diberikan surat teguran,” ujarnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post