Sebelum Virus Corona Datang, Qur'an Sudah Ingatkan Agar Sembunyi di Tempat Ini

Sebelum Virus Corona Datang, Qur'an Sudah Ingatkan Agar Sembunyi di Tempat Ini

author photo
Sebelum Virus Corona Datang, Qur'an Sudah Ingatkan Agar Sembunyi di Tempat Ini


Pandemi virus corona mengubah rutininitas hampir semua orang yang awalnya menghabiskan waktu di luar rumah. Untuk menekan risiko penularan corona, masyarakat harus menerapkan tinggal di rumah, untuk para pekerja diberlakukan work from home (WFH).

Selama virus corona masih menjadi bahaya terbesar di dunia, tetap tinggal di rumah masih menjadi pilihan yang lebih baik. Pentingnya tinggal di rumah saat kondisi bahaya ternyata telah diingatkan Allah SWT dalam firmanNya di surat An-Naml ayat 18.

Ayat ini menceritakan kondisi kawanan semut saat berada dalam kondisi yang dinilai membahayakan. Ustadz Felix Siauw juga menyinggung hal ini lewat postingannya di Instagram dalam akun felix.siauw. Dalam postingannya ia menulis,

"Tidakkah kita belajar dari semut ketika datang bahaya pada kaumnya dia berkata pada mereka ٱدْخُلُوا۟ مَسَٰكِنَكُمْ, Masuklah! Ke dalam rumah-rumah kalian."

Berikut bunyi lengkap Al-Qur'an surat An-Naml ayat 18,
حَتَّىٰٓ إِذَآ أَتَوْا۟ عَلَىٰ وَادِ ٱلنَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّمْلُ ٱدْخُلُوا۟ مَسَٰكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَٰنُ وَجُنُودُهُۥ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

Arab latin: Hattā iżā atau 'alā wādin-namli qālat namlatuy yā ayyuhan-namludkhulụ masākinakum, lā yahṭimannakum sulaimānu wa junụduhụ wa hum lā yasy'urụn

Artinya: "Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari." (QS. An-Naml ayat 18)

Dalam kitab Tafsir Al-Wajiz karya Syaikh Prof Dr Wahbah Az-Zuhaili dikatakan, semut menyadari tubuhnya yang kecil sehingga kemungkinan tidak terlihat rombongan Nabi Sulaiman AS. Kawanan semut memilih menyingkir dengan tinggal di rumah supaya tetap aman dari risiko terinjak.

Selain dalam kondisi bahaya, tinggal di rumah menjadi pilihan saat keadaan sekitar dirasa merugikan. Muslim bahkan boleh sholat di rumah demi menghindari risiko yang lebih besar. Dalam hadist diceritakan, lafal adzan diubah supaya muslim sholat di rumah demi mencegah bahaya. Berikut hadistnya,
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ أَيُّوبَ، وَعَبْدِ الْحَمِيدِ، صَاحِبِ الزِّيَادِيِّ وَعَاصِمٍ الأَحْوَلِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ خَطَبَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ فِي يَوْمٍ رَدْغٍ، فَلَمَّا بَلَغَ الْمُؤَذِّنُ حَىَّ عَلَى الصَّلاَةِ‏.‏ فَأَمَرَهُ أَنْ يُنَادِيَ الصَّلاَةُ فِي الرِّحَالِ‏.‏ فَنَظَرَ الْقَوْمُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ فَقَالَ فَعَلَ هَذَا مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنْهُ وَإِنَّهَا عَزْمَةٌ‏.‏

Artinya: diriwayatkan dari`Abdullah bin Al-Harith: "Hari itu sedang hujan dan berlumpur saat Ibnu Abbas hendak sholat bersama kami. Ketika muadzin yang mengumandangkan adzan berkata Hayyaa 'alas Salaah, Ibnu Abbas mengatakan untuk mengubahnya menjadi As Salaatu fir Rihaal (sholatlah di rumah masing-masing). Orang-orang saling melihat dengan wajah kaget. Ibny berkata, hal ini pernah dilakukan di masa orang yang lebih baik dibanding dirinya (merujuk pada Rasulullah SAW) dan ini terbukti." (HR Bukhari).

Selain hadist tersebut, ada riwayat lain yang juga menceritakan perubahan adzan supaya muslim sholat di rumah demi menghindari risiko yang lebih besar.
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، قَالَ أَخْبَرَنَا يَحْيَى، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، قَالَ حَدَّثَنِي نَافِعٌ، قَالَ أَذَّنَ ابْنُ عُمَرَ فِي لَيْلَةٍ بَارِدَةٍ بِضَجْنَانَ ثُمَّ قَالَ صَلُّوا فِي رِحَالِكُمْ، فَأَخْبَرَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَأْمُرُ مُؤَذِّنًا يُؤَذِّنُ، ثُمَّ يَقُولُ عَلَى إِثْرِهِ، أَلاَ صَلُّوا فِي الرِّحَالِ‏.‏ فِي اللَّيْلَةِ الْبَارِدَةِ أَوِ الْمَطِيرَةِ فِي السَّفَرِ

Artinya: diriwayatkan dari Nafi, ia berkata: "Di suatu malam yang dingin, Ibnu 'Umar mengumandangkan adzan ketika hendak sholat di Dajnan dan mengatakan Salu fi rihaalikum (sholatlah di rumahmu). Dia mengatakan, Rasulullah SAW pernah menyuruh muadzin mengumandangkan Salu fi rihaalikum (sholatlah di rumahmu) saat adzan di malam yang hujan atau sangat dingin dalam perjalanan." (HR Bukhari).

Seperti kata ulama kenamaan KH Quraish Shihab, agama Islam selalu memberikan kemudahan bagi umatnya. Termasuk untuk urusan sholat di rumah selama virus corona masih ditetapkan sebagai pandemi.

Untuk saat ini, muslim disarankan sholat di rumah sesuai anjuran yang dikeluarkan MUI atau Majelis Ulama Indonesia.

"Segala sesuatu yang dapat mengakibatkan kesulitan terhindarkan dengan Islam, atau diupayakan menghindarinya," kata KH Quraish Shihab.

Dengan kemudahan inilah, lima tujuan agama hadir di dunia bisa tercapai. Kelimanya adalah memelihara agama itu sendiri, jiwa, akal, harta benda, dan keturunan.

Segala sesuatu yang mengantar pada pemeliharaan kelimanya adalah anjuran bahkan kewajiban. Sebaliknya, semua yang menghambat dan mengabaikan tujuan tersebut dilarang dalam agama.
Next article Next Post
Previous article Previous Post