Saat Lewat Tempat "Angker" Itu Jangan Bilang Permisi Atau 'Amit-amit', Tapi Baca Doa Ini Dijamin Setan Pada Kabur!

Saat Lewat Tempat "Angker" Itu Jangan Bilang Permisi Atau 'Amit-amit', Tapi Baca Doa Ini Dijamin Setan Pada Kabur!

author photo
Saat Lewat Tempat "Angker" Itu Jangan Bilang Permisi Atau 'Amit-amit', Tapi Baca Doa Ini Dijamin Setan Pada Kabur!


Seberapa sering kita takut jika melewati tempat angker yang seketika membuat bulu kuduk merinding?

Tak disadari beberapa dari kita mungkin ada yang berkata “permisi..numpang..numpang... amit-amit.. jangan ganggu ya” atau kita melempar makanan dan  kopi saat melewati suatu intinya agar tidak diganggu oleh makhluk  halus yang berada di tempat tersebut.

Tahukah Sob hal tersebut justru membuat kita menjadi diganggu, karena dengan berkata demikian kita sudah mengakui bahwa mereka punya kekuatan untuk mengganggu kita.

Berucap meminta izin pada makhluk gaib atau tempat angker juga bsia dikategorikan sebagai sebagai syirik. Karena saat berucap seperti itu tak disengaja hati minta perlindungan pada selain Allah. Padahal meminta perlindungan dan bergantung hanya boleh pada Allah Subhanahu wata’ala.

Meminta perlindungan atau Isti’adzah termasuk ibadah karena di dalamnya berisi permintaan dan setiap permintaan adalah do’a (Lihat At Tamhid, hal. 168)

Allah Ta’ala berfirman,

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Fushilat: 36).

Penulis Fathul Majid, Syaikh ‘Abdurrahman rahimahullah berkata,

فما كان عبادة لله فصرفه لغير الله شرك في العبادة ، فمن صرف شيئاً من هذه العبادات لغير الله جعله شريكاً لله في عبادته ونازع الرب في إلهيته كما أن من صلى لله صلى لغيره يكون عابداً لغير الله ، ولا فرق

“Segala bentuk peribadahan pada Allah jika dipalingkan kepada selain Allah, maka termasuk syirik dalam hal ibadah. Siapa saja yang memalingkan salah satu ibadah kepada selain Allah, maka ia berarti telah menjadikan Allah sekutu dalam ibadah. Ia benar-benar telah menantang Allah dalam hal ilahiyah (peribadahan). Sebagaimana siapa yang shalat kepada selain Allah, maka ia menjadi hamba bagi selain Allah tersebut. Tidak ada beda sama sekali dengan hal tadi.”

Artinya, barangsiapa yang meminta perlindungan (beristi’adzah) pada selain Allah, ia berarti telah terjatuh pada kesyirikan karena isti’adzah adalah ibadah. Naudzubillah.

Begitu pula jika kita meminta Perlindungan pada tempat angker atau penunggu di suatutempat.

Allah Ta’ala berfirman,

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” (QS. Al Jin: 6).

Ada dua tafsiran di antara para ulama mengenai ayat di atas. Sebagaimana pendapat Maqotil, maksud ayat tersebut adalah manusia menambah kesombongan pada jin dikarenakan manusia meminta perlindungan pada jin.

Tafsiran lainnya menyebutkan, jin menambah pada manusia kekeliruan dan mereka akhirnya melampaui batas. Hal ini sebagaimana pendapat Az Zujaj.

Abu ‘Ubaidah berkata, “Jin menjadikan manusia bertambah keliru dan melampaui batas”. Ibnu Qutaibah berkata, “Jin menjadikan manusia sesat”. Yang dimaksud “rohaqo” asalnya adalah ‘aib (cacat). Sehingga kadang ada yang menyebut, “Fulan memiliki rohaqo dalam agamanya (maksudnya: memiliki cacat dalam agamanya)” (Lihat Zaadul Masiir, 8: 379)

Abul ‘Aliyah, Robi’ dan Zaid bin Aslam berkata bahwa makna rohaqo adalah takut.

Ini berarti setan malah membuat manusia menjadi takut, bukan malah bertambah tenang.

Kholwah binti Hakim As Sulamiyyah berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. لَمْ يَضُرُّهُ شَىْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

“Barangsiapa yang singgah di suatu tempat lantas ia mengucapkan “a’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa kholaq” (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya)”, maka tidak ada sama sekali yang dapat memudhorotkannya sampai ia berpindah dari tempat tersebut” (HR. Muslim no. 2708)

Dzikir di atas termasuk di antara bacaan dzikir petang yang bisa dirutinkan setiap harinya.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَالَ حِينَ يُمْسِى ثَلاَثَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ حُمَةٌ تِلْكَ اللَّيْلَةَ

“Barangsiapa mengucapkan ketika masaa’ “a’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa kholaq” (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya) sebanyak tiga kali, maka tidak ada racun yang akan membahayakannya.” Suhail berkata, “Keluarga kami biasa mengamalkan bacaan ini, kami mengucapkannya setiap malam.” Ternyata anak perempuan dari keluarga tadi tidak mendapati sakit apa-apa. (HR. Tirmidzi, beliau mengatakan hadits ini hasan)

Maka, lebih baik berdoa meminta perlindungan kepada  Allah Subhanahu wata’ala daripada meminta perlindungan pada setan, Semoga kita semua senantiasa diberikan perlindungan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post