Ridwan Kamil Berharap Habib Rizieq Minta Maaf

Ridwan Kamil Berharap Habib Rizieq Minta Maaf

author photo
Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung, Berharap agar Habib Rizieq minta maaf pada masyarakat Sunda. Permintaan maaf itu berhubungan dengan ucapannya yang dianggap melecehkan salam khas Jawa Barat, yakni sampurasun.

Habib Rizieq


"Saya harap Habib Rizieq minta maaf ke masyarakat Sunda," tegas Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil.

Menurutnya, ucapan seperti itu seharusnya tidak dijadikan bahan canda. Mengingat arti sampurasun yang diplesetkan menjadi 'campur racun' pada aslinya merupakan kata yang bermakna baik.

Emil menyebutkan sampurasun berarti keberkahan untuk kota dan alam semesta. Hal itu sama artinya dengan mengucapkan salam dalam agama Islam. Niat guyonan Habib Rizieq dinilai tidak pada tempatnya.

"Kalau Habib Rizieq cuma mau bercanda menurut saya ini bukan hal yang lucu," ungkapnya.

Dalam sebuah acara di Kota Purwakarta pekan lalu, Habib Rizieq telah memplesetkan salam orang Sunda  'sampurasun' menjadi 'campur racun'. Menyikapi guyonan tersebut, Aliansi Masyarakat Sunda akan menggugat, dimotori oleh Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Jawa Barat. Sejumlah organisasi masyarakat Sunda, ikut bergabung dalam aliansi ini. Di antaranya, Sundawani, Forum Ki Sunda, Badan Musyawarah Sunda (Banmus) dan lain-lain.

Baca Juga: Isi Transkrip Ceramah Habib Rizieq Terkait Campur Racun

Semua Ormas yang ada di Sunda, mengecam Habib Rizieq yang merupakan pimpinan Front Pembela Islam tersebut. Bahkan, mereka sepakat melarang Habib Rizieq masuk ke semua wilayah di Jawa Barat dan menuntut agar meminta maaf secara terbuka.
Next article Next Post
Previous article Previous Post