Sabda Rasulullah Benar, Sains Membuktikan Rahasia Ilmiah Pada Mata ayam dan Kokok Ayam Jantan

Diposting pada

Mungkin kita pernah mendengar bahwa jika mendengar ayam berkokok di waktu malam atau menjelang pagi hari itu tandanya ia sedang melihat malaikat, dan apabila ada kedelai yang meringkik, maka itu tandanya dia sedang melihat jin atau setan. Atau jika kita mendengar lolongan anjing, maka aning tersebut juga sedang melihat setan.

Sabda Rasulullah Benar, Sains Membuktikan Rahasia Ilmiah Pada Mata ayam dan Kokok Ayam Jantan

Hal tersebut memang telah dijelaskan oleh Rasulullah 1400 tahun silam, sebagaimana sabda Beliau Shallallahu alaihi wasallam,

“Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih Bukhari dan Muslim)

Bukti Ilmiah Hadits Ayam Berkokok Melihat Malaikat 

Derajat kedua hadits adalah shahih dari segi sanad maupun matan, dengan adanya kedua hadits ini, kita dapat menyatukan dengan kejadian sekitar kita. kita sering mendengarkan ayam berkokok pada waktu antara pukul 02.00 – 04.30 yang tidak lain adalah waktu yang disunnahkan untuk shalat malam/tahajud.

Saat pagi hari saat terbitnya matahari juga banyak terdengar ayam berkokok, namun bukan karena mataharinya, melainkan melihat para malaikat yang sedang sibuk membagikan rizky dari Allah untuk semua makhluknya setiap hari.

Dalam riwayat lain disebutkan,

“Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah tentang shalat shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di waktu malam. Lalu ia menjawab : “Apabila mendengar kokok ayam jantan, beliau bangun, lalu shalat” (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, 6/110; shahih)

Bukti Ilmiah Hadits Ayam Berkokok Melihat Malaikat:

Sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan di Washington University mengungkapkan bahwa Ayam adalah hewan yang bermata dua, yang terletak di samping kepala. Mata ayam mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa melihat gelap.

Tidak ada ceritanya ayam keluar malam-malam mencari makan, ketika magrib datang ayampun sudah tidak bisa beraktifitas apapun, mereka hanya bisa bertengger di sarangnya.

Tapi disisi kekurangannya, mata ayam ternyata bisa melihat cahaya yang tidak bisa dilihat manusia, yaitu sinar ultra violet, bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa ayam dinyatakan bisa melihat malaikat, sehingga jika mereka melihat malaikat, ayam akan berkokok.

Penjelasan ilmiah dibalik rahasia ayam melihat malaikat bisa di jelaskan melalui Jurnal Public Library of Science ONE yang meneliti retina ayam. http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0008992

Semoga saja bukti ilmiah hadits ayam berkokok melihat malaikat & keledai meringkik melihat setan ini menambah pengetahuan Kita serta mempertebal keyakinan pada kebenaran ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

Loading...