Raja Salman Teken 11 Nota Kesepahaman Dengan Jokowi, Ini Isinya

Diposting pada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Istana Bogor. Penandantanganan MoU dilakukan para menteri kedua negara.

Raja Salman Teken 11 Nota Kesepahaman Dengan Jokowi, Ini Isinya
Raja Salman Teken 11 Nota Kesepahaman Dengan Jokowi

“Selain membahas isu-isu terkait kepentingan umat, kedua pemimpin juga sepakat meningkatkan kerjasama di berbagai bidang termasuk perdagangan dan investasi,” kata Menteri Luar Negari Retno Marsudi, di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (1/3).

Di bidang perdagangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Raja Arab Saudi untuk menghilangkan hambatan perdagangan. Indonesia juga mengharapkan pemberian kemudahan akses pasar bagi produk Indonesia terutama produk halal, perikanan, obat-obatan, alat kesehatan, serta tekstil dan garmen untuk dapat masuk ke negeri 1.001 malam tersebut.

Presiden Jokowi juga menyambut baik ditandatanganinya Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Cilacap antara Pertamina dan Aramco senilai US$ 6 miliar. Kedua pemimpin juga membahas beberapa proyek yang ditawarkan kepada Arab Saudi antara lain RDMP Dumai, Balongan, dan Bontang.

Selain itu ada pula proyek lain yang ditawarkan yakni Pembangunan Pembankit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Jambi, pembangunan infrastruktur baik jalan, water resources, drinking water, dan sanitasi serta perumahan.

Di sektor finansial, Pemerintah Saudi Arabia juga berkomitmen untuk mengucurkan dana melalui Saudi fund contribution to the financing of development project senilai US$ 1 miliar.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Nizar bin Obaid Madani mengatakan, pemimpin kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi terutama infrastruktur dan perumahan.

Sementara itu, terkait dengan bidang politik salahkan satu isu yangg dibicarakan soal Palestina. “Terkait isu Palestina kedua negara sepakat untuk berupaya mencari solusi yang adil dan benar benar menyelesaikan bangsa Palestina secara tepat,” kata Nizar.

Penandatanganan MoU dilakukan usai pertemuan bilateral Jokowi-Raja Salman di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017). Ada 11 MoU yang diteken. Peningkatan hubungan kedua negara yang diteken dalam MoU di antaranya mencakup kerja sama hubungan luar negeri, kesehatan, kebudayaan, transportasi, perdagangan, keagamaan serta pendidikan.

Berikut daftarnya:

1. Deklarasi pemerintah perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama ditandatangani Menlu Retno LP Marsudi dan Menlu Saudi.

2. Nota kesepahaman mengenai kontribusi pendanaan Saudi dengan pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund Development dan Pemerintah Republik Indonesia ditandatangani Menkeu Sri Mulyani dan Wakil Direktur Saudi Fund.

3. Nota kesepahaman kerja sama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi ditandatangani Mendikbud Muhadjir Effendy dan pihak Saudi.

4. Program kerjasama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah ditandatangani Menkop Puspayoga dan pihak Saudi.

5. Nota kesepahamaan antara Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi di bidang kerja sama kesehatan ditandatangani Menkes Nila Moeloek dan pihak Saudi.

6. Nota kesepahaman otoritas aeronautika Republik Indonesia dan otoritas Arab Saudi ditandatangani Menhub Budi Karya dan pihak Saudi.

7. Program kerja sama antara Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan Arab Saudi dalam bidang kerja sama saintifik dan pendidikan tinggi ditandatangani Menristek Dikti Muhammad Nasir dan Menteri Pendidikan Arab Saudi.

8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama RI dan Kementerian Urusan Islam Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi di bidang urusan Islam

9. Nota kesepahaman pemerintah Indonesia dan Arab Saudi di bidang kerja sama kelautan dan perikanan ditandatangani Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti dan pihak Arab Saudi.

10. Program kerja sama perdagangan antara Kementerian Perdagangan RI dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Kerajaan Saudi ditandatangani oleh Mendag Enggartiasto Lukito dan Kemendag Saudi.

11. Kerja sama di bidang penanganan kejahatan antar negara (transnational crime) antara Indonesia dan Rab Saudi yang ditandatangani oleh Jenderal Tito Karnavian dan kepala kepolisian Arab Saudi.

Baca Juga:

Loading...